Tips Memilih dan Mengolah Daging Dengan Benar

Secara umum, daging dikelompokan menjadi dua jenis yaitu daging putih dan daging merah. Untuk daging ayam, ikan, kepiting, udang dan sebagainya masuk ke dalam kelompok daging putih. Nah sementara daging dari mamalia seperti sapi, kambing, domba dan kerbau dicap sebagai daging merah.

Baik daging merah maupun daging putih tidak boleh dipilih secara asal, menurut  Dr. Christopher Andrian, M.Gizi , SpGK dari Ciputra Medical Center, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal memilih daging yang benar.

“Daging yang segar sudah pasti tidak berbau busuk. Bila dilihat dari warnanya, daging merah segar umumnya tetap berwarna merah.  Sementara daging putih segar akan berwarna keabuan atau putih cerah, dan saat disentuh akan terasa lembab serta tidak lengket,”ujarnya.

Dokter Christopher juga menyarankan, dalam mengolah aneka daging sebisa mungkin menghindari dengan cara dibakar.  Sebab pengolahan makanan dengan suhu tinggi dan langsung terpapar api dapat memicu munculnya zat pencetus kanker. “Akan lebih baik bila mengolah daging dengan cara di tumis atau dijadikan sop,” katanya lagi.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp