check it now

Tips Memilih Baju Bayi, Jangan Asal Lucu, Bun!

Anaknya aktif ya Bun! Ini tips untuk memilih baju bayi agar si kecil tetap nyaman dan happy.

Daftar Isi Artikel

Memilih baju bayi memang tidak bisa sembarangan. Sebab kulit bayi masih sangat rentan.

Bahan baju bayi yang bagus biasanya berimbas pada harga. Ada harga, ada rupa. Tapi jika mau cermat, banyak kok baju bayi dengan bahan yang bagus dalam harga terjangkau.

Jenis Bahan yang Direkomendasikan Sebagai Baju Bayi

Untuk memberikan rasa nyaman pada bayi serta sehat bagi kulitnya maka pilihlah bahan yang direkomendasikan khusus untuk si kecil.

Katun

Jenis bahan ini sering dipilih karena lembut, mudah menyerap keringat, dan membuat bayi leluasa bergerak. Saat udara terasa dingin, katun bisa memberikan rasa hangat bagi bayi. 

Campuran katun dan spandex

Bahan ini termasuk nyaman dikenakan bayi karena meninggalkan rasa sejuk di kulit. Karakter bahannya cenderung longgar dan membuat bayi bergerak nyaman. Banyak celana bayi mengunakan bahan ini.

Campuran katun dan polyester

Pakaian dengan bahan ini cenderung tak mudah kusut dan cepat kering. Harganya juga lebih murah dibandingkan katun 100%, dengan tingkat kenyamanan yang masih bisa ditoleransi bayi.

Baby terry

Baby terry adalah nama bahan kain yang banyakan digunakan untuk pakaian bayi. Kain ini memiliki tekstur yang nyaman dan lembut karena terbuat dari serat kapas. Daya serapnya juga tinggi sehingga kulit bayi tidak mudah lembap. . 

Minky

Dengan tekstur yang lembut, halus, serta fleksibel, bayi bisa bergerak lebih bebas. Biasanya bahan ini dipakai untuk pembuatan selimut. Bahkan popok bayi juga terbuat dari kain ini. 

Serat bambu

Bahan serat bambu ini mengandug anti bakteri dan alergi natural, sekaligus mudah menyesuaikan dengan suhu tubuh bayi.

Foto: Lisa Fotios/Pexels.com

Setelah mencermati bahan baju bayi, Bunda sebaiknya memilih model yang sederhana namun menarik.

Hindari penggunaan restleting atau kancing yang berlebih. Jika memungkinkan, rasakan bahan apakah terasa berat atau cukup ringan dan halus.

Hindari juga baju bayi dengan materi velcro atau bulu-bulu sintetis meski terkesan lucu. Sebab bayi berisiko tersedak bulu-bulu itu, atau bahkan memicu alergi.

Jangan kenakan jaket berbahan kulit atau bahkan kulit sintetis pada anak di bawah tiga tahun karena cenderung menimbulkan biang keringat dan alergi.

Perhatikan juga saat mencuci baju si kecil. Sebaiknya, gunakan sabun cuci baju bebas detergen atau sabun cuci dengan formula khusus bagi bayi. (*/Sic)

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.