check it now

Pentingnya Peran Ayah bagi Anak Perempuan

Apakah putri kecil Bunda di rumah dekat dengan Ayahnya? Bila iya, bersyukurlah karena ini beberapa manfaat yang akan meraka dapat.

Daftar Isi Artikel

“Ayah adalah laki-laki yang akan menjadi cinta pertama anak perempuannya.”

-Anonymous

Sebagian besar Sahabat SBH pasti setuju dengan kalimat di atas. Sebab Ayah merupakan satu-satunya laki-laki di dunia yang tidak akan pernah tega menyakiti anak perempuannya. Pengorbanan dan kerja keras yang Ayah lakukan untuk keluarga dapat memberikan motivasi bagi anak perempuan agar menjadi pribadi yang mandiri.

Meski kadang kasih sayang Ayah tidak terlihat seperti halnya Bunda. Namun percayalah, selain menjadi tulang punggung keluarga, Ayah juga selalu ingin memastikan keluarga kecilnya selalu bahagia.

Dilansir dari berbagai sumber, kedekatan antara Ayah dan anak perempuan berpengaruh besar terhadap tumbuh kembangnya. Ayah dapat menjadi panutan, teladan dan gambaran sosok yang baik bagi mereka. Itu sebabnya, penting bagi anak perempuan untuk menjalin hubungan baik dengan Ayah.

Selain itu, berikut beberapa manfaat kedekatan Ayah dengan anak perempuan yang jarang diketahui :

1. Meningkatkan Kecerdasan

Begitu dahsyatnya manfaat kedekatan Ayah dan anak perempuan. Pasalnya menurut penelitian, yang dimuat dalam Academic Journal of Interdisciplinary Studies, seorang anak yang dekat dengan orangtua, terutama Ayah cenderung lebih cerdas dan memiliki nilai yang baik di sekolah.

Hal tersebut karena kasih sayang dari Ayah dapat memberikan perasaan tenang dan aman pada diri anak sehingga mereka dapat fokus, semangat dan memiliki motivasi belajar yang tinggi.

2. Melatih Anak Mengendalikan Emosi

Perhatian dan rasa cinta yang diberikan Ayah dapat membantu anak perempuan bersikap lebih tenang dan dapat mengendalikan emosinya. Selain itu, perhatian yang diberikan Ayah juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak sehingga mereka memiliki rasa empati yang tinggi.

3. Mengajarkan Anak Menjalin Hubungan dengan Orang Lain

Ayah berperan sebagai role model bagi keluarga, terutama anak perempuan. Misalnya melalui sikap hormat dan penuh kasih sayang kepada keluarga. Melalui peran inilah anak perempuan diajarkan untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain.

Dengan menunjukkan sikap demikian, maka anak perempuan akan memiliki standar yang baik mengenai kualitas seorang pria dan menghindarinya dari toxic relationship di kemudian hari.

4. Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Saat Ayah selalu menunjukkan kasih sayang kepada anak perempuan, maka secara tidak sadar hal tersebut dapat berpengaruh pada perkembangan psikologisnya. Dengan begitu, anak perempuan akan merasa bahwa ia sangat berharga sehingga muncul rasa percaya diri yang tinggi dalam dirinya.

Contoh lain yang dapat Ayah lakukan adalah dengan memberikan pujian, misalnya dengan mengatakan, “Anak Ayah cantik sekali, Ayah bangga banget deh punya kamu”. Yakinlah dengan begitu anak perempuan akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan terhindar dari rasa insecure di kemudian hari.

5. Membantu Anak Menggali Minat dan Bakat

Menghabiskan waktu bersama anak perempuan dapat membuat Ayah lebih memahami karakter, minat dan bakat yang dimilikinya. Alhasil, Ayah dapat memberikan dukungan penuh tanpa perlu berekspektasi lebih pada diri sang anak.

Sebaliknya, apabila Ayah tidak dekat dengan anak permpuan, ia cenderung meremehkan atau bahkan justru melebih-lebihkan potensi pada diri anak dan meminta anak untuk mewujudkan apa yang menjadi ekspektasinya.

Hal inilah yang justru dapat membuat anak stres bahkan frustasi karena khawatir jika usaha dan pencapaiannya tidak sesuai dengan harapan sang Ayah. Alhasil anak lebih berisiko terkena gangguan mental.

Itulah beberapa manfaat kedekatan Ayah dengan anak perempuan. Apabila Ayah merasa masih kesulitan untuk dekat dengan si kecil, jangan ragu meminta bantuan Bunda dan pastikan untuk selalu luangkan waktu bersama mereka ya.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani Sarassanti

Nazri Tsani Sarassanti