check it now

Makanan yang Membuat Rambut Bayi Lebat

Melihat rambut bayi yang lebat memang sangat menggemaskan. Salah satu cara mewujudkannya yakni dengan mengonsumsi beberapa makanan berikut.

Daftar Isi Artikel

Meski secara umum rambut bayi baru lahir dipengaruhi oleh gen orang tuanya, namun asupan nutrisi yang dikonsumsi ibu selama masa kehamilan juga dapat menunjang tumbuh kembang janin dalam kandungan, tak terkecuali pertumbuhan rambut.

Apa saja sih jenis makanan yang bermanfaat untuk membuat rambut bayi tumbuh lebat saat lahir? Berikut ulasannya!

1. Telur

Untuk mendukung kehamilan yang sehat, setiap ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan yang mengandung protein, salah satunya telur.

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang cukup lezat dan mudah didapat. Konon katanya, mengonsumsi telur dapat membantu melebatkan pertumbuhan rambut bayi.

Selain itu, telur juga kaya kandungan kolin dan omega-3 yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Menurut sejumlah penelitian, konsumsi omega-3 dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan fase folikel.

Namun ingat ya, untuk ibu hamil wajib mengonsumsi telur yang matang sempurna agar tidak berisiko terpapar bakteri Salmonella.

2. Buah berwarna kuning dan orange

Buah berwarna kuning dan orange seperti jeruk dan jenis citrus juga dipercaya dapat membantu melebatkan rambut bayi sejak dalam kandungan.

Pasalnya, jenis buah-buahan ini merupakan sumber vitamin C dan kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan.

3. Air kelapa

Meski belum ada penelitian yang membuktikan secara signifikan tentang hubungan air kelapa dengan lebatnya rambut bayi namun tak ada salahnya lho minum air kelapa di masa kehamilan.

Rutin minum air kelapa di masa kehamilan bermanfaat untuk melancarkan sistem eksresi sehingga membuat pembuangan urine lebih lancar dan saluran kemih menjadi lebih bersih.

Selain rasanya yang segar, air kelapa ini juga jauh lebih baik dikonsumsi ibu hamil jika dibandingkan mengonsumsi es teh manis dingin yang mengandung banyak gula.

4. Alpukat

Alpukat sering disebut sebagai makanan super karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi.

Konsumsi alpukat secara teratur tak hanya dapat membantu melebatkan pertumbuhan rambut bayi, tapi juga baik untuk kesehatan ibu.

Kandungan vitamin E dan B yang terkandung dalam alpukat dapat meningkatkan kesehatan jantung, melancarkan pencernaan, dan kesehatan hati.

5. Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber protein, omega-3 dan asam lemak yang baik dikonsumsi selama kehamilan karena dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut bayi.

Namun pastikan ibu hamil mengonsumsi ikan matang serta pilihlah jenis ikan yang tidak rendah merkuri ya.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil karena mengandung nutrisi penting yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan rambut bayi seperti protein, zat besi, folat, kalium, dan magnesium.

Adapun jenis kacang yang disarankan yakni kacang almond, kacang kenari, kacang pecan, kacang kedelai, kacang polong, dll.

7. Kacang hijau

Kacang hijau diyakini sebagai makanan yang dapat merangsang pertumbuhan rambut bayi dalam kandungan. Karenanya, tak heran bila makanan ini kerap kali dikonsumsi bumil yang ingin anaknya lahir dengan rambut lebat.

Kacang hijau sendiri memang mengandung beragam zat gizi seperti asam folat, kalsium, serat hingga protein.

Nutrisi tersebut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan di masa kehamilan mulai dari mencegah janin lahir cacat, membantu pertumbuhan tulang, gigi, jantung, dan saraf.

Selain kaya nutrisi, kacang hijau juga merupakan jenis makanan yang lezat dan mudah diolah serta didapatkan. Ibu hamil bisa mengolahnya menjadi bubur, atau meminum sari rebusannya.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani Sarassanti

Nazri Tsani Sarassanti