Diplomasi Lewat Masakan Ala R.A Kartini

Diplomasi Lewat Masakan Ala R.A Kartini

Seni diplomasi memang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Hal ini jugalah yang disadari oleh R.A. Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia. Tak heran jika dalam surat-suratnya, Kartini kerap menuliskan bagaimana ia mencoba berbagai resep masakan tradisional Jawa dan Eropa, guna kepentingan diplomasi.  Lewat masakan tersebut, Kartini selalu berusaha menjelaskan bagaimana peradaban tatanan Jawa di mata Belanda.

Semasa hidupnya, R.A. Kartini sendiri menggemari Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek. Kedua hidangan ini memang sedikit berbeda dengan hidangan khas Jawa Tengah pada umumnya, karena merupakan perpaduan kuliner Belanda, Cina dan Jawa Tengah. Perpaduan budaya inilah yang memengaruhi penerapan konsep fusion (perpaduan kuliner) pada masakan Kartini sehingga memiliki karakter masakan yang cukup unik dan menggugah untuk dinikmati.

Nah, bagi para bunda yang tertarik ingin mencoba membuat 2 macam makanan favorit Kartini, bisa langsung mendapatkan resepnya di www.masakapaya.com. Di situs yang didedikasikan oleh Indofood sebagai produsen berbagai bahan makanan berkualitas dari generasi ke generasi untuk keluarga Indonesia ini,  tak hanya ada resep  Sup Pangsit Jepara dan Ayam Besengek saja. Tapi juga berbagai resep masakan Jepara lainnya yang menggugah selera, seperti Sayur Betik, Es Gempol Pleret, Pindang Serani Jepara, Rondo Royal dan resep lainnya.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi