check it now

6 Ide Liburan Akhir Tahun yang Aman dan Seru Bareng Keluarga

Liburan akhir tahun hampir tiba, namun situasi pandemi belum juga mereda. Ide ke-6 dijamin murah meriah dan seru untuk keluarga.

Daftar Isi Artikel

Suasana libur natal dan tahun baru sudah semakin terasa. Biasanya, liburan panjang seperti ini menjadi momen yang tepat untuk berkumpul dan merencanakan liburan bersama keluarga.

Namun, di tengah situasi pandemi yang belum juga mereda, rasanya agak riskan mengajak keluarga bepergian jarak jauh ya.

Belum lagi khawatir akan menimbulkan kerumunan yang membuat penularan virus semakin cepat.

Untuk mengisi libur panjang, berikut ini enam ide liburan akhir tahun yang aman dan seru bareng keluarga. Bagi yang perlu bepergian ke luar kota, selalu patuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 selama Libur Natal dan Tahun Baru ya.

1. Staycation

Istilah staycation seketika menjadi booming. Staycation atau menetap di sebuah kota/domestik selama beberapa hari bisa menjadi pilihan tepat, telebih di tengah situasi pandemi.

Untuk staycation, pilih vila atau rumah sewa untuk digunakan bersama keluarga. Jangan lupa siapkan permainan seru untuk menciptakan quality time dan membangun bonding antar anggota keluarga.

Foto: Istimewa

2. Bermain di Taman atau Alam Terbuka

Bermain di taman atau alam terbuka juga dapat menjadi pilihan yang pas. Anda bisa memilih taman yang tidak terlalu jauh dari rumah agar tetap aman.

Dengan bermain di taman atau alam terbuka, Anda dan keluarga akan tetap bisa mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga jarak.

Selain tak memerlukan biaya mahal, Anda pun bisa sembari mengajari si kecil untuk mengenal lingkungan di sekitarnya. Misalnya dengan melihat beragam jenis tanaman, bunga, dan benda-benda di sekitarnya.

3. Mengunjungi Museum atau Tempat Bersejarah

Memilih museum atau tempat bersejarah sebagai destinasi liburan di tengah pandemi bukan sesuatu yang tidak mungkin.

Pasalnya, dengan mengunjungi museum atau tempat bersejarah Anda dan si kecil bisa belajar sembari berlibur.

Namun ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan bila Anda ingin berlibur ke museum atau tempat bersejarah.

Pertama, Anda perlu mengetahui pembatasan jam operasional museum atau tempat bersejarah tersebut.

Kedua, saat berada di museum jangan menyentuh berbagai benda atau permukaan lainnya.

Ketiga, selalu perhatikan protokol kesehatan. Mulai dari mengenakan masker, membawa hand sanitizer, menjaga jarak hingga menghindari kerumunan.

4. Safari Adventure

Ingin menjadikan liburan ini sebagai momen mengenalkan aneka satwa pada si kecil? Pilih perjalanan safari yang bisa menggunakan mobil sendiri.

Namun, pastikan Anda dan keluarga dalam kondisi yang fit.

5. Road Trip

Ide liburan yang satu ini juga mendadak viral di tengah situasi pandemi.

Road trip adalah sebuah perjalanan wisata lokal yang dilakukan oleh seseorang menggunakan kendaraan pribadi. Biasanya menggunakan mobil.

Namun, sebelum melakukan road trip, Anda perlu memastikan kendaraan dalam performa terbaik agar dapat terhindar dari berbagai masalah di tengah perjalanan.

Selain dapat mengatasi kejenuhan, road trip juga bisa dijadikan sebagai cara untuk mendekatkan hubungan keluarga.

Saat di dalam mobil misalnya. Anda bisa memutar musik kesukaan dan bernyanyi bersama, bermain teka-teki, hingga mengobrol santai sembari menikmati aneka camilan.

Baca juga:
Wisata Campervan, Alternatif Liburan Akhir Tahun

Foto: Tatiana Syrikova/ Pexels

6. Camping di Halaman Rumah

Meski di tengah situasi pandemi, Anda dan keluarga bisa tetap menikmati malam pergantian tahun dengan cara yang menyenangkan kok.

Misalnya dengan membuat tenda mini atau camping di halaman rumah bersama keluarga sembari menikmati jagung atau ikan bakar dan menyalakan kembang api.

Selain aman karena terhindar dari kerumunan, camping bersama keluarga di rumah juga dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga dan sejenak melupakan aktivitas yang super padat.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani