check it now

10 Jenis Makanan Sehat untuk Menutrisi Rambut

Bukan hanya tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh subur dan sehat. Berikut 10 jenis makanan sehat untuk menutrisi rambut yang wajib dicoba.

Daftar Isi Artikel

Rambut kering, bercabang, lepek, dan rontok kerap membuat seseorang, terlebih perempuan merasa risih.

Karenanya merawat dan menutrisi rambut adalah hal yang perlu dilakukan. Pasalnya selain elok dipandang, rambut bagi perempuan adalah mahkota yang perlu dijaga kesuburan dan keindahannya.

Nutrisi rambut tak hanya cukup didapatkan melalui perawatan dari luar saja seperti menggunakan sampo, kondisioner, vitamin, hingga masker rambut. Melainkan juga bisa didapatkan dari makanan yang kita makan sehari-hari.

Adapun beberapa nutrisi yang dibutuhkan rambut adalah vitamin B6, B12, asam folat, dan protein. Nah, 10 jenis makanan berikut mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut.

1. Ikan salmon

Salmon adalah salah satu jenis ikan yang kaya asam lemak omega-3.

Asam lemak omega-3 merupakan lemak yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh manusia. Padahal sebanyak 3% dari sehelai rambut terdiri dari asam lemak omega-3 yang membuat rambut tetap terhidrasi.

Karena itulan, dengan rutin mengonsumsi salmon, kita bisa mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 yang sangat berguna untuk membantu pertumbuhan rambut dan membuat rambut terlihat lebih berkilau dan lebat.

2. Jambu

Selain rasanya yang segar, jambu juga merupakan buah tropis yang mengandung banyak vitamin C.

Vitamin C sendiri memiliki sifat antioksidan sehingga mampu melindungi rambut dari radikal bebas penyebab rambut rusak dan patah-patah.

3. Bayam

Bayam merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C.

Semua nutrisi tersebut tentu sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala serta menjaga rambut tetap lembab dan tidak kering sehingga tak mudah patah.

4. Kelapa

Minyak kelapa meruakan salah satu lemak sehat yang kaya vitamin E, vitamin K, dan mineral yang berguna untuk kesehatan rambut.

Seperti yang kita tahu bahwa minyak kelapa memang sering digunakan sebagai vitamin alami untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat kulit kepala tidak kering.

Selain minyak, air kelapa juga berfungsi untuk menghidrasi kulit kepala secara natural serta mengandung kalium yaitu elektrolit untuk membantu perpindahan nutrisi di sel tubuh.

5. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak mengandung protein tinggi yang tak hanya baik bagi tubuh, tapi juga rambut. Kandungan proteinnya dapat membantu rambut tetap sehat dan ternutrisi.

Pasalnya, saat tubuh kekurangan protein, maka pertumbuhan rambut juga akan terhambat dan dapat menimbulkan rambut rontok hingga kebotakan.

6. Greek yoghurt

Greek yoghurt merupakan jenis yoghurt yang kaya protein dan vitamin B5 yang dapat membantu melancarkan aliran darah menuju kulit kepala dan membantu pertumbuhan rambut.

Selain itu, protein dan vitamin B5 ini juga dapat membantu melawan rambut rontok yang dapat menyebabkan kebotakan.

7. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung antioksidan, beta karoten, dan vitamin A yang dapat merangsang kelenjar di kulit kepala untuk memproduksi sebum (minyak) sehingga menghindari rambut kering dan patah.

8. Oats

Seperti yang kita tahu oats merupakan makanan kaya akan zinc, biotin, magnesium, dan kalium yang berfungsi untuk menutrisi rambut sehingga tak mudah rapuh dan patah.

9. Alpukat

Siapa yang tak kenal buah alpukat? Selain lezat dan gurih, buah ini juga mudah dikonsumsi baik secara langsung maupun dijadikan jus.

Kandungan vitamin E pada alpukat dipercaya dapat menjaga kesehatan kuit kepala dan menjaga akar rambut tetap kuat sehingga terhindar dari kerontokan dan kerusakan.

10. Wortel

Makanan yang dikenal baik untuk mata ini juga ternyata dapat membantu membuat rambut lebih lebat dan berkilau lho.

Hal tersebut karena wortel merupakan sayuran yang kaya vitamin A. Vitamin A sendiri dipercaya dapat mejaga minyak alami pada kulit kepala. Alhasil rambut akan terlindungi dari kerusakan.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani