Refleks bayi baru lahir
check it now

Yuk Ketahui Ragam Refleks Bayi Baru Lahir

Bayi secara tiba-tiba merentangkan kedua tangannya dengan telapak tangannya menghadap ke atas? Yuk ketahui alasannya di bawah ini!

Daftar Isi Artikel

Si kecil pernah secara tiba-tiba merentangkan kedua tangannya dengan telapak tangannya menghadap ke atas? Jangan panik ya Bunda, sebab itu merupakan refleks yang wajar terjadi saat bayi terkejut ketika mendengar suara keras atau benda yang terjatuh.

Nah, tak hanya sampai disitu, refleks-refleks lain pun akan ditunjukan oleh bayi seiring bertambahnya usianya nih Bunda. Mungkin, refleks-refleks tersebut bisa saja nih mengejutakan bagi sebagian Bunda, terkhusus bagi Bunda baru memiliki buah hati.

Tenang, refleks-refleks yang ditunjukan oleh bayi bukan merupakan tanda buruk ya. Justru, refleks-refleks tersebut merupakan tanda bahwa bayi dalam kondisi sehat lho, serta merupakan tanda saraf dan otak bayi memiliki aktivitas.

Refleks-refleks tersebut biasanya dimulai dari hari pertama bayi baru lahir, dan akan hilang seiring bertambahnya usia bayi.

Berikut ragam refleks bayi baru lahir yang perlu Bunda ketahui :

1. Asymmetric tonic neck reflex

Refleks ini ditandai dengan bayi yang memanjangkan lengan dan kaki di sisi yang sama, dan diikuti dengan menekuknya lengan dan kaki di sisi yang berbeda. Biasanya hal itu terjadi sebab Bunda dengan sengaja menengongkan kepala bayi saat bayi dalam posisi terbaring.

Refleks ini juga sering disebut dengan julukan posisi anggar, karena serupa dengan posisi pemain anggar saat tengah bermain. Refleks ini menghilang saat si kecil menginjak usia 5-7 bulan.

2. Refleks Moro

Refleks ini muncul ketika bayi terkejut karena mendengar suara keras atau suara dari benda yang terjatuh. Secara otomatis si kecil akan merentangkan kedua tangannya dengan telapak tangan menghadap ke atas, lalu menariknya kembali. Adakalanya, bayi juga akan menangis.

3. Grasp reflex

Grasp refleks atau refleks mengenggam terjadi ketika Bunda menyentuh telapak tangan si kecil, ia juga dapat sangat erat menggenggam jari-jemari Bunda nih. Hal ini pun juga berlaku saat Bunda menyentuh telapak kaki si kecil, otomatis jari-jemarinya menekuk ke arah tangan Bunda seperti ingin mengenggam.

4. Refleks Babinski

Refleks ini akan muncul saat Bunda dengan sengaja menggoreskan jari Bunda ke telapak kaki si kecil, mulai dari tumit hingga ke bawah ibu jarinya, dan membuat jari kakinya mengarah ke atas, serta diikuti oleh jari-jari kakinya yang ikut terbuka.

5. Sucking reflex 

Refleks ini terjadi saat bagian langit-langit mulut bayi tersentuh, yang akan membuatnya refleks melakukan gerakan menghisap. Refleks ini melatih kemampuan menyusu si kecil dan biasanya akan sempurna saat usianya menginjak usia 36 minggu di dalam kandungan.

6. Rooting reflex

Refleks ini dipicu oleh sentuhan pada sudut mulut bayi. Saat mendapat rangsangan ini, si kecil akan memutar kepalanya, membuka mulut, dan siap untuk menghisap mengikuti arah rangsangan tersebut.

Hal ini pun sangat membantu si kecil guna untuk menemukan payudara atau botol susu saat bayi hendak menyusui.

7.Dance reflex

Mengapa disebut dance refleks, dikarenakan gerakannya menyerupai orang saat sedang berjalan atau menari. Refleks ini terjadi saat tubuh bayi diangkat, dan kakinya menyentuh permukaan padat, seperti tanah atau lantai.

Nah itu dia ke tujuh ragam refleks bayi baru lahir tersebut merupakan hal normal ya Bunda. Itu juga merupakan tanda bahwa tak adanya masalah dalam sistem saraf buah hati.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Bayu Elang Paringga

Bayu Elang Paringga