check it now

Yuk Kenali Manfaat Rumput Laut!

“ Di balik bentuknya yang kurang mengundang selera, rumput laut ternyata sangat lezat sekaligus sarat manfaat.

Kuliner atau makanan Asia memang beragam, dan banyak diantaranya menggunakan rumput laut sebagai salah satu bahan dasarnya. Sebut saja sushi atau onigiri asal Jepang, yang selalu menjadikan lembaran rumput laut kering sebagai pembungkusnya. Atau sup asal Korea, yang kerap memasukkan rumput laut sebagai salah satu isinya. Sementara di Indonesia sendiri, rumput laut sering dijadikan camilan dan pelengkap es campur, serta dikenal sebagai bahan dasar agar-agar.

Dijelaskan dr. Diyah Eka Andayani,M.Gizi,SpGK dari RSU Bunda Margonda, rumput laut merupakan sumber hayati yang banyak terdapat di daerah pesisir. Termasuk dalam tumbuhan alga (ganggang), rumput laut yang juga dikenal dengan nama seaweed ini kaya akan nutrisi. “Dalam rumput laut terkandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh,” tegas dokter Diyah.

Kaya Manfaat

Secara lebih detail, dokter Diyah juga menjelaskan bahwa rumput laut kaya akan serat, asam amino, kalsium, kalium, zat besi, omega 3, serta sumber dari vitamin A, B, C, D, E serta K. Terkait dengan kandungannya itu, maka rumput laut dikatakannya bisa dijadikan makanan alternatif untuk membantu menurunkan berat badan.

“Ya, rumput laut itu kaya serat, sehingga ketika kita memakannya, perut akan terasa lebih cepat kenyang. Dan rasa kenyang dari rumput laut juga disinyalir bisa bertahan lebih lama lho. Akibatnya, napsu makan pun akan berkurang dengan sendirinya,” ujar dokter yang menekuni spesialisasi gizi ini.

Selanjutnya, dokter Diyah juga mengatakan bahwa dalam rumput laut terkandung lemak baik yang disebut dengan PUFA (Poly Unsaturated Fatty Acid) atau omega 3, yang fungsinya menekan sel-sel lemak penyebab peradangan.

“Perlu diketahui bahwa obesitas atau kelebihan berat badan itu sebenarnya merupakan penyakit inflamasi peradangan kronik. Dengan adanya PUFA atau omega 3, maka bisa menekan reseptor inflamasi dan mencegah proses peradangan, sehingga secara otomatis akan membantu proses penurunan berat badan,” tuturnya.

Selain dapat membantu menurunkan berat badan, rumput laut ternyata juga masih memiliki sederet manfaat lain. Tidak hanya bagi kesehatan, tapi juga kecantikan. Kandungan kalsiumnya misalnya, bisa menguatkan tulang dan gigi. Sementara kandungan vitamin dan mineralnya akan membantu meremajakan kulit.

Cara Mengonsumsi Rumput Laut Yang Benar

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa rumput laut selain digunakan sebagai pembungkus sushi, isi sup serta pelengkap es campur, juga hadir dalam bentuk camilan yang dapat dengan mudah ditemui di supermarket maupun minimarket.

Sayangnya, camilan rumput laut tersebut konsumsinya justru harus dibatasi. Mengapa?  Karena menurut dokter Diyah,  meskipun pada dasarnya rumput laut memang menyehatkan, tapi jika sudah diolah menjadi camilan biasanya telah ditambahi berbagai macam zat seperti garam, perisa atau bahkan mungkin pengawet. “Kalau sudah ada tambahan zat kimia seperti itu kan efeknya justru tidak baik bagi kesehatan bila dikonsumsinya berlebihan,” jelasnya.

Lebih lanjut dokter Diyah juga menekankan pentingnya mengolah rumput laut secara sehat. Misalnya menjadikan rumput laut sebagai campuran sup atau memasaknya tanpa minyak goreng. Sementara untuk agar-agar yang merupakan ekstrak dari rumput laut, akan lebih baik bila dimasak tanpa gula alias dijadikan campuran saat memasak nasi sehingga bisa memberikan efek kenyang lebih lama.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.