check it now

Tips Mengenalkan Keluarga Besar pada Anak

  1. Buat Pohon Keluarga Selain melatih kemampuan motorik, menggambar alur pohon keluarga juga bisa jadi cara awal memperkenalkan anggota keluarga besar pada anak. Caranya gampang, buat pohon keluarga dari urutan teratas yang bisa diisi oleh kakek dan nenek, kemudian lanjutkan di bawahnya dengan menuliskan nama om, tante, sepupu dan saudarasuadara lainnya.
  2. Tunjukan Fotonya Sembari Bermain Anak kecil suka sekali visual. Jadi agar si kecil mengingat keluarga besarnya, rajinrajinlah memperlihatkan foto-fotonya sembari bermain. Pertama-tama, tunjukan yang mana kakek, nenek, om, tante, atau sepupunya. Jangan lupa sebutkan nama mereka dan beri sedikit penjelasan. Misalnya, kakek A adalah ayah dari bunda, kemudian Om B adalah adik bunda, dan seterusnya. Setelah itu buatlah permainan tebak-tebakan dengan cara meminta si kecil untuk kembali menyebutkan nama masing-masing anggota keluarga yang ayah atau bunda tunjuk.
  3. Sering-seringlah Mengajak Si Kecil ke Pertemuan Keluarga Jangan segan menghadiri berbagai acara keluarga. Dengan bertemu langsung saat keluarga besar berkumpul, tentu akan membuat si kecil mengenal anggota keluarga besarnya.
  4. Manfaatkan Teknologi Seringkali pertemuan keluarga terhalang jarak dan waktu. Untuk menyiasatinya, gunakan teknologi video call sehingga si kecil bisa bertatap muka dan berkomunikasi langsung dengan kakek, nenek, om, tante, atau sepupu-sepupunya.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.