Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Si Kecil

Tips Memilih Sekolah Terbaik untuk Si Kecil

Sekolah memang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak dari berbagai aspek. Tak hanya kognitif, tapi sekolah juga berperan dalam membentuk emosional atau kepribadian anak. Mengingat betapa pentingnya sekolah maka tidak mengherankan bila kita tidak boleh sembarangan dalam memilih.

Menurut psikolog anak dari RS Royal Progress, Sunter, Nana Gerhana, M.Psi, sebaiknya orangtua dapat lebih selektif dalam memahami tujuan, program belaiar dan visi serta misi dari sekolah yang menawarkan jasa sehingga anak yang disekolahkan benar-benar dapat memperoleh manfaat yang positif.

“Harap diingat, usia 0-5 tahun adalah usia emas seorang anak untuk mempelajari hal-hal baru. Dan belajar tidak hanya bisa dilakukan di sekolah tapi juga dari rumah. Peran aktif orangtua dengan benda- benda sekitar juga dapat menjadi media belajar,” tutur Nana.  Satu hal yang pasti, jika memang ingin menyekolahkan anak di usia dini, jangan biarkan sekolah yang dipilih meniadi hal yang menakutkan bagl anak. Karena sama seperti orang dewasa, anak juga bisa terserang stres akibat tertekan, bosan, atau kecewa pada keadaan diri serta lingkungannya.

Stres tersebut pada akhirnya dapat membuat anak menjadi lebih agresif, hiper, pernurung, dan pemarah.Oleh karenanya pilihlah sekolah yang tidak memberikan beban kepada anak. Sebab hakekatnya, anak usia 7 tahun ke bawah masih harus menggunakan metode belajar sambil bermain sehingga dapat menyenangkan hatinya.  Nana pun memberikan sejumlah tips yang dapat jadi pegangan orangtua dalam memilih sekolah yang cocok untuk anak dengan usia belia, yaitu:

  • Pahami tujuan, visi dan misi sekolah
    Sekolah yang baik adalah sekolah yang mendidik anak secara holistikartinya mencakup aspek kognitif, fisik, emosi dan spiritual. Orangtua harus aktif terlibat guna memahami dan menilai apakah porsi belajar sesuai dengan kapasitas usia perkembangan anak,
  • Program yang Jelas
    Preschool yang baik juga memiliki program yang jelas, dimana sebagian besar aktifitas belajar dilakukan sambil bermain. Yang pasti, program tersebut juga bisa membuat anak meniadi pribadi yang mandiri dan sanggup mencari solusi.
  • Tenaga Pengajar
    Tenaga pengajar yang disediakan sekolah harus memiliki tutur kata yang baik dan sopan. Peduli pada anak dan selalu mau meniadi pendengar yang baik.
  • Lokasi dan Biaya Usahakan memilih sekolah yang dekat dari rumah sehingga perjalanan ke sekolah tidak terlalu melelahkan bagi si kecil. Jangan lupa, perhitungakan juga biaya yang diperiukan untuk sekolah agar sesuai dengan kemampuan masing-masing orangtua.
Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi