check it now

Tips Jitu Memberikan Buah dan Sayur Untuk Si Kecil

Si kecil kerap menolak makan buah dan sayur? Tenang, ini tips jitu memberikan buah dan sayur untuk si kecil yang dapat dicoba!

Daftar Isi Artikel

Bukan rahasia lagi, buah dan sayur memang kerap menjadi makanan yang ditolak oleh si kecil. Alasannya karena rasanya yang aneh dan tidak selezat makanan lainnya.

Meski demikian, buah dan sayur memiliki gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Itu sebabnya, penting untuk mengonsumsi makanan tersebut setiap harinya.

Nah, agar si kecil mau mengonsumsi buah dan sayur setiap harinya cobalah lakukan beberapa tips berikut:

1. Libatkan si kecil dalam prosesnya

Pada usia 7 tahun ke atas, si kecil sudah dapat membantu berbelanja, membersihkan, atau memotong buah dan sayur dengan pengawasan orang tua.

Karenanya, saat berbelanja, izinkan anak memilih buah dan sayur yang dinginkan untuk dicoba. Jadi, saat mereka meminta permen, coba siasati dengan menawarinya kismis atau buah kering.

2. Berikan contoh nyata

Jangan hanya menyuruh. Orang tua juga perlu memberikan contoh nyata pada anak.

Bila setiap hari anak diminta untuk makan buah dan sayur maka, orang tua juga harus mengonsumsinya.

Dengan begitu, anak akan melihat bahwa apa yang dikatakan orang tuanya 100% benar dan baik untuk dirinya.

3. Sajikan sebagai pelengkap makanan

Saat sarapan, jangan lupa sisipkan buah dalam makanan utamanya. Misalnya sajikan sereal dengan pisang, tambahkan blueberry di atas pancake atau campurkan buah segar dengan yogurt rendah lemak.

Untuk makan siang dan malam, sisipkan jeruk, pisang, anggur, atau salad buah sebagai makanan pelengkap.

Begitu pun dengan sayuran, orang tua bisa menjadikan rebusan sayuran seperti wortel dan buncis sebagai bagian dari kudapan sore.

Opsi lainnya, bisa menjadikan sayuran sebagai bahan dasar pembuatan puding. Misalnya puding jagung yang dapat dinikmati sebagai dessert atau makanan penutup.

4. Sajikan sebagai makanan ringan

Buah potong dan sayur rebus dapat dijadikan camilan yang enak dan bergizi bagi si kecil.

Agar lebih lezat, oleskan selai kacang pada irisan apel, yogurt rendah lemak pada irisan buah kiwi.

Tak hanya itu, ragam buah kering juga dapat dijadikan camilan yang nikmat dan sehat lho. Terlebih buah kering lebih mudah dibawa dan disimpan.

Untuk sayuran, orang tua bisa membuat salad dengan brokoli, paprika merah, hijau, seledri, dan kembang kol. Agar lebih berwarna dan menarik perhatian si kecil bisa ditambah dengan wortel atau kol merah yang warnanya mencolok.

5. Buat lebih menarik

Beberapa buah rasanya akan lebih nikmat bila dikonsumsi dengan menggunakan saus. Berilah yogurt rendah lemak sebagai saus untuk buah-buahan seperti stroberi atau melon.

Bila bosan dengan potongan buah, orang tua juga bisa membuat smoothie dengan mencampur susu rendah lemak atau yogurt dan buah segar seperti pisang, stroberi, kiwi atau yang lainnya.

Sedangkan untuk sayuran, coba campurkan berbagai macam sayuran dalam satu masakan seperti capcay atau sup.

Jangan lupa potong sayuran tadi dengan bentuk yang menarik. Seperti bentuk bintang untuk wortel atau bunga untuk kentangnya.

Terakhir, sajikan sayur dan buah dalam wadah yang lucu dan menarik perhatian si kecil.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani