check it now

TIPS Agar si Kecil Berani Tampil di Panggung

  1. Bangkitkan Rasa Percaya Dirinya. Kebanyakan anak sering dikuasai rasa takut sehingga cenderung tumbuh menjadi pribadi yang pemalu. Untuk mengatasinya dan menjadikannya lebih percaya diri, maka pupuk keberaniannya dengan seringsering mengajaknya bermain di taman, tempat di mana ada banyak anak-anak berkumpul. Dengan demikian, si kecil jadi terbiasa bertemu orang dan tak takut dengan keramaian.
  2. Berikan contoh. Seperti yang kita tahu, anak-anak belajar dengan cara meniru. Sebagai orang terdekatnya, orangtua bisa memberikan contoh bagaimana bersikap di tengah keramaian. Misalnya, dengan cara menyapa orang baru atau bergabung di tengah orbolan.
  3. Biarkan si kecil menyatakan keinginannya. Masih terkait dengan kepercayaan diri, sebaiknya beri si kecil kesempatan untuk menyatakan keinginannya. Misalnya untuk model busana, biarkan mereka memilih sendiri sesuai seleranya. Apabila ingin memberikan masukan, lakukan dengan halus tanpa kesan memaksa sehingga mereka jadi bisa lebih percaya diri.
  4. Pastikan Persiapaannya Cukup Ajak si kecil menengok lokasi acara agar tahu bagaimana suasana panggung. Datang saja 10-15 menit sebelum acara dimulai sehingga gambaran soal pentas sudah tergambar dibenaknya dan membantunya menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar.
  5. Jadi Support Agent. Anak-anak tentu perlu dukungan dan motivasi. Sebelum tampil ingatkan kepadanya bahwa mereka sudah berlatih dan jangan lupa untuk menekankan pada diri si kecil bahwa tak perlu takut dengan kegagalan karena akan ada orangtua yang selalu mendukung dan memberikan semangat untuk mereka.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.