Tentang Penyakit Kawasaki

Tentang Penyakit Kawasaki

Penyakit Kawasaki merupakan salah satu penyakit berbahaya yang pertama kali ditemukan  di Jepang pada tahun 1967 oleh Tomisaku Kawasaki. Berhubung dapat mengakibatkan komplikasi berat pada jantung penderitanya, maka Kawasaki termasuk penyakit yang patut diwaspadai karena dapat menimbulkan kematian apabila terlambat ditangani

Umumnya penyakit Kawasaki menginfeksi anak balita, khususnya yang berusia 1-2 tahun. Penyakit ini dulu sering ditemukan pada ras mongol. Tapi belakangan, Kawasaki semakin tidak pandang bulu alias banyak menjangkiti ras lain diluar ras mongol.

Sampai dengan saat ini para ahli kesehatan belum menemukan penyebab penyakit Kawasaki. Namun disarankan gejala awalnya dikenali agar dapat segera ditangani. Adapun gejala penyakit Kawasaki ditandai dengan demam tinggi yang mencapai 40°selama lima hari atau lebih. Selain demam, ditemukan juga tanda-tanda lainnya seperti mata merah tanpa disertai kotoran. Lalu adanya lidah stroberi, rongga mulut merah, bibir merah dan pecah.

Kemudian pada telapak tangan dan kaki juga berwarna merah. Terdapat pula bercak-bercak merah pada seluruh tubuh. Di saat yang sama, penderita dapat juga mengalami pembengkakan kelenjar getah bening di salah satu sisi leher. Penyakit Kawasaki tidak menular. Tapi penyakit ini dapat kambuh meski kemungkinannya hanya 3%.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi