Saat Si kecil Jadi Cemas Karena Mengaku Melihat Hantu

Saat Si kecil Jadi Cemas Karena Mengaku Melihat Hantu

Kisah misteri atau film horor memang kerap menakutkan. Tak heran jika anak-anak dilanda rasa cemas setelah menyaksikannya, apalagi jika bukan hanya tayangan seram saja yang ditonton, tetapi si kecil mengaku melihat sendiri wujud hantu di depannya!

Terlepas dari benar atau tidaknya ceritanya itu terkadang melihat objek dengan tampilan yang menyeramkan memang bisa membuat anak-anak gelisah atau bahkan trauma. Lalu bagaimana caranya agar si kecil terbebas dari pengalaman buruk yang diceritakannya itu?

Menurut psikolog anak dan keluarga, Fabiola Priscila Setiawan, M.Psi, kejaidan seperti itu rasanya memang cukup jamak ditemui. Pasalnya anak dapat saja memiliki sugesti dari informasi mengenai hantu sehingga mereka merasa seperti melihat hantu atau memang sungguh sungguh melihat sosok hantu sehingga menimbulkan ketakutan dan trauma.

Lebih lanjut Fabiola mengatakan sebaiknya jangan berfokus pada betul atau tidaknya cerita si anak, tapi jika sudah ketakutan dan trauma maka perlu segera ditangani. Nah agar anak dapat kembali merasa tenang, aman, dan nyaman, tentu dibutuhkan peran dari lingkungan, terutama orangtuanya.

Hal pertama yang dapat dilakukan orangtua adalah bersikap tenang, sabar, dan tidak panik atau ikut merasa takut. Dampingi  si kecil dan jangan menyangkal, memarahi, atau menyudutkannya ketika dirinya tidak ingin berada jauh dari orangtuanya karena takut sosok seram yang dilihatnya datang kembali.

“Sikap orangtua yang dapat menenangkan, mendukung, dan ada ketika anak membutuhkan dapat membuat kondisi mentalnya lebih kuat dan lebih mudah serta terbuka untuk menerima masukan atau langkah penanganan selanjutnya. Kita juga dapat meyakinkan si kecil bahwa ibu dan ayahnya selalu siap akan beragam pertanyaan yang mungkin ada dibenak si anak saat atau setelah melihat hantu. Berikan jawaban yang sederhana sesuai dengan pendidikan agama dan disajikan dengan bahasa anak anak seusia usianya,” papar Fabiola.

Dengan cara demikian biasanya ketakutan mulai luntur. Langkah selanjutnya agar mentalnya kembali kuat adalah dengan memberi penjelasan jika sama seperti tumbuhan, hewan, manusia, dan mahluk lainnya, mahluk halus juga diciptakan Tuhan, hanya saja tidak terlihat oleh sebagian besar orang. Mahluk tersebut pasti takut pada Tuhan.

“Katakan kepadanya bahwa jika kita berdoa meminta perlindungan, maka mahluk halus tersebut akan segera pergi dan tidak akan berani menyakiti kita. Ajarkan juga doa-doa yang dapat membuatnya yakin bahwa kekuatan doa dapat mengalahkan ketakutannya dan mengusir mahluk halus yang dilihatnya,” tambahnya.

Setelah itu jelaskan kepada si kecil bahwa kejadian tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dipikirkan panjang lebar karena beberapa anak lain juga punya pengalaman serupa. Hal ini untuk mengurangi ketakutan Rico dan tetap berpikir positif akan apa yang dialaminya.

 

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi