check it now

Saat Anak Mengigau Karena Demam

Banyak orangtua melaporkan saat terserang panas akibat batuk atau pilek, buah hati mereka kerap mengigau saat malam hari. Hal itu pun kerap membuat orangtua khawatir, sebenarnya berbahayakah mengigau saat demam?

Menjawab pertanyaan ini, dr. Ferdy Limawal, SpA dari RS Omni Hospital Alam Sutera mengatakan bahwa mengigau berkaitan dengan faktor fisik dan psikologis penderita. Dimana demam, stres, kurang tidur dan pengaruh obat  bisa jadi penyebabnya.

“Nah semakin tinggi demam semakin tinggi pula risiko anak untuk mengigau. Mengigau saat tidur biasanya tidak berbahaya, meski demikian penyebab demam itu tetap harus diobati agar kondisi anak lekas membaik,” katanya.

Lebih lanjut dokter Ferdy mengatakan jika ada beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai langkah pertama untuk mengatasi demam. Pertama, mengompres anak dengan air hangat. Hindari mengompres dengan alkohol atau air dingin, sebab alkohol bisa berbahaya karena uapnya dapat berdampak buruk ketika terhirup anak.

Selanjutnya adalah dengan memberi anak obat penurun demam sesuai dengan usianya. Terakhir jika demam tidak kunjung mereda selama 3 hari, sebaiknya segera dibawa ke dokter agar mendapat penanganan yang tepat.

 

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Abdi SBH

Abdi SBH