check it now

Rayakan Hari Anak dengan Mendongeng, Yuk!

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional, Nestlé DANCOW Nutritods menghadirkan kembali rangkaian kegiatan 'Dongeng Aku Dan Kau'

Lewat rangkaian kegiatan yang merupakan kelanjutan inisiatif pada 2019, Nestlé DANCOW Nutritods mendukung para orangtua di Indonesia dalam memberikan stimulasi yang tepat bagi anak-anak melalui berbagai kegiatan yang menyenangkan dan interaktif seperti mendongeng.

Elvi Hendrani, Asisten Deputi Pemenuhan Hak Anak atas Pendidikan, Kreativitas dan Budaya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) Republik Indonesia, sangat menyayangkan saat ini berapa banyak anak yang tumbuh dengan lagu-lagu bahkan tontonan dewasa yang kurang mendidik. 

“Saya menyambut baik dukungan Nestlé DANCOW Nutritods guna turut mendukung upaya pemenuhan hak anak Indonesia untuk tumbuh kembang yang optimal. Sebab keluarga memiliki peran penting dalam kehidupan dan pembentukan karakter anak sekaligus sebagai tempat belajar yang paling pertama dan utama bagi anak. Karenanya orangtua harus memastikan anak mendapat kecukupan nutrisi, kasih sayang dan simulasi yang baik, maka anak akan tumbuh optimal dengan karakter yang positif.” Ujar Elvi Hendriani, pada acara Konferensi Pers, Selasa (21/7/2020).

Melalui aktivitas mendongeng ini orangtua dapat memenuhi hak anak untuk memanfaatkan waktu luang dengan mengembangkan kegiatan yang positif, inovatif, kreatif, dan rekreatif guna membentuk kepribadian dan karakter diri yang imajinatif, aktif, dan percaya diri.

Selain itu, aktivitas mendongeng juga dapat menstimulasi daya imajinasi dan daya berpikir kritis, mengembangkan berbagai kosa kata baru, menumbuhkan empati, dan membangun ikatan emosional serta memperkuat bonding dengan sang buah hati.

Psikolog klinis, Dra. Ratih Ibrahim, M.M., menjelaskan, “Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa masa Toddler dan Prasekolah merupakan periode kritis dan sensitif bagi anak. Sebab pada masa ini mereka belajar bereksplorasi untuk mendapatkan pengetahuan baru. Selain itu, lima dimensi kemampuan anak, yaitu kesehatan, kognitif, motorik, bahasa, dan sosialisasi pun berkembang pesat. Pencapaian perkembangan yang optimal di usia ini menjadi fondasi perkembangan sang buah hati di masa depan. Karenanya orangtua perlu memahami betapa pentingnya proses tumbuh kembang di usia ini.”

Lebih jauh, pada kesempatan yang sama, Bunda Inspiratif Meisya Siregar juga mengungkapkan bahwa aktivitas mendongeng dengan kumpulan cerita Dongeng Aku Dan Kau ini sangat menginspirasi dan mempermudah anak-anak untuk mengenal berbagai macam karakter di dalamnya. 

Selain itu, Dongeng Aku Dan Kau juga mengandung banyak pesan moral positif yang dapat disampaikan kepada anak-anak dengan mudah sehingga mereka dapat memahami apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

“Pada Hari Anak Nasional yang tahun ini terjadi di tengah pandemi COVID-19, kami ingin mengajak para orangtua untuk merayakannya bersama anak-anak melalui aktivitas mendongeng. Dengan membaca dongeng bersama atau bahkan menciptakan aktivitas sederhana yang terinspirasi dari dongeng yang dibacakan, ikatan orangtua dan anak akan bertambah erat.” tutup Pritha, VP Category Marketing Manager Nestlé DANCOW Susu Pertumbuhan, pada acara Konfersi Pers, Selasa (21/7/2020).

Nestlé DANCOW selalu berkomitmen untuk memberikan rangkaian produk di setiap tahapan usia sang buah hati dan terus berinovasi dengan menyediakan program parenting untuk membantu orangtua dalam mendukung tumbuh kembang optimal sang buah hati melalui DANCOW Parenting Center yang dapat diakses melalui website https://www.dancow.co.id/dpc. 

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.