check it now

Rahasia Tampil Segar Setelah Melahirkan

Sering terlihat lesu dan tampil tidak percaya diri usai melahirkan? Ini rahasianya!

Daftar Isi Artikel

Pasca persalinan memang menjadi masa-masa yang sulit bagi sebagian Bunda.

Maklum, proses melahirkan yang berat dan menguras banyak tenaga dapat membuat Bunda terlihat lebih lelah dan lesu. Belum lagi ditambah dengan badan yang masih ‘melar’, dan kulit kusam.

Hmm.., hal tersebut tentu dapat membuat Bunda tampil tak percaya diri.

Namun tenang saja, untuk mengatasinya, cobalah lakukan beberapa tips versi Sang Buah Hati berikut.

1. Mengonsumsi banyak air putih

Bunda harus memastikan tubuh tetap terhidrasi setelah melalui proses persalinan yang berat.

Sejumlah ahli menyarankan, pasca melahirkan Bunda perlu mengonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas atau lebih setiap harinya.

Selain membuat penampilan lebih segar, mengonsumsi banyak air putih juga dapat meningkatkan produksi ASI. Sehingga asupan si kecil selalu tercukupi.

2. Mengonsumsi banyak sayuran dan makanan yang mengandung vitamin C

Agar tubuh tetap bugar, Bunda yang baru melahirkan perlu mengonsumsi banyak sayuran dan makanan yang mengandung vitamin C.

Vitamin C merupakan sumber antioksidan terbaik untuk melawan radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini.

Adapun jenis sayuran dan makanan yang dapat dikonsumsi seperti brokoli, paprika, kale, dan kol.

3. Mengonsumsi jamu/ramuan herbal yang aman bagi ibu dan bayi

Jamu merupakan obat herbal tradisional yang banyak dikonsumsi dan dipercaya dapat meredakan rasa sakit pasca persalinan serta mempercepat proses pemulihan.

Beberapa kandungan pada tanaman herbal untuk membuat jamu seperti kencur dan temu giring dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin untuk mendukung produksi ASI.

Selain itu, kencur, kunyit asam, temulawak, dan brotowali juga diyakini dapat membantu tubuh Bunda lebih bugar.

Namun satu hal yang perlu diingat, pastikan mengonsumsi jamu yang aman baik bagi ibu maupun bayi dan selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4. Melakukan pijat aromaterapi

Melakukan pijat setelah persalinan tentu dapat menjadi hal yang menyenangkan sekaligus membuat badan lebih rileks.

Selain dapat meredakan rasa nyeri, pijat setelah melahirkan juga dapat mempermudah proses menyusui.

Bila Bunda ingin melakukan pijat, pastikan terlebih dulu kondisi tubuh sudah nyaman untuk dipijat. Apabila Bunda melakukan operasi caesar, sebaiknya lakukan pijatan pada bagian tangan, kaki dan wajah terlebih dahulu.

Selain itu pastikan Bunda dipijat oleh tenaga ahli yang mengerti dan profesional untuk mengurangi risiko terjadinya masalah yang serius.

Agar lebih rileks dan membuat tubuh bugar, Bunda bisa meminta untuk disediakan aromaterapi yang menenangkan.

5. Melakukan perawatan

Melakukan perawatan usai melalui proses persalinan yang berat adalah sebuah bentuk ‘penghargaan’ untuk diri sendiri.

Perawatan pasca melahirkan dapat mempercepat proses pemulihan dan dapat membuat Bunda lebih bahagia sehingga dapat tampil lebih bugar.

Ada beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan mulai dari memenuhi waktu istirahat, hingga melakukan perawatan dan penyembuhan luka pada vagina dan perut untuk mencegah terjadinya komplikasi setelah persalinan.

Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada suami, keluarga atau orang-orang lain yang Bunda percaya untuk membantu mempercepat proses pemulihan.

6. Aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan

Meski seluruh badan terasa sakit dan pegal, namun Bunda harus tetap aktif bergerak dan melakukan aktivias fisik yang ringan.

Sebab, apabila tubuh dibiarkan kurang bergerak, bukan tidak mungkin rasa sakit dan pegal-pegal pada tubuh akan semakin menjadi.

Bunda bisa melakukan stretching ringan, berjalan kaki santai selama 15-20 menit pada pagi atau sore hari. Dengan melakukan aktivitas ini, dijamin Bunda akan tampil lebih bugar.

7. Istirahat yang cukup

Tak bisa dipungkiri, memang tidak mudah ‘mencuri’ waktu untuk istirahat saat memiliki bayi. Sebab si kecil pasti masih sering terbangun untuk menyusu dan saat itu pula Bunda harus siap memberikannya.

Karenanya, untuk mengejar waktu istirahat, tidurlah saat bayi sedang tidur. Dengan begitu, waktu istirahat dapat tercukupi dan Bunda pun dapat tampil lebih bugar.

8. Hindari stres dan berpikir positif

Kunci utama yang harus selalu dipegang oleh ibu menyusui atau perempuan yang baru menjalani proses persalinan adalah berpikir positif dan menghindari stres.

Dengan selalu berpikir positif, maka hati dan perasaan Bunda akan lebih tenang sehingga terhindar dari stres dan dapat tampil dengan lebih bugar atau fresh.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani