Persalinan Kedua Sudah Pasti Lebih Lancar, Hmm Benarkah?

Tak sedikit ibu yang berpendapat jika persalinan kedua akan lebih mudah dibandingkan persalinan sebelumnya. Hal ini acap kali didasari oleh pengalaman melahirkan yang telah dilalui sehingga dirasa tubuh lebih siap menghadapi persalinan kedua.

Lalu bagaimana dunia medis memandang hal tersebut? Benarkah jika persalinan kedua tak akan sesulit seperti pengalaman melahirkan pertama kali? Nah menurut dr. Martina Claudia, Sp.OG hal itu mungkin saja terjadi.

“Persalinan kedua biasanya akan lebih mudah dibandingkan dengan persalinan yang pertama. Sebab jalan lahir sudah pernah dilalui oleh janin. Namun tidak berarti pasti lebih mudah karena setiap kehamilan dan persalinan mempunyai kondisi yang berbeda walaupun berasal dari pasangan suami istri  yang sama,” jelasnya.

Lebih lanjut, dokter Claudia mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan persalinan kedua jadi lebih mudah. Antara lain karena proses saat persalinan pertama menyebabkan otot-otot , jaringan penunjang dan tulang lebih fleksibel, sehingga memudahkan turunnya kepala janin ke jalan lahir pada persalinan kedua. Alhasil pembukaan jalan lahir pun akan lebih cepat dibandingkan persalinan pertama sehingga lamanya persalinan selanjutnya relatif lebih singkat.

Tapi seperti yang telah dikatakan dokter Claudia tadi bahwa hal tersebut tidak berarti pasti atau dialami oleh semua ibu. Ada juga yang tetap merasa “kepayahan” di persalinan kedua, hal biasanya terjadi karena:

  • Kondisi kesehatan tubuh ibu hamil yang kurang optimal atau fit (penyebabnya dapat bermacam macam mulai dari kurang nya waktu tidur karena harus menjaga anak pertama yang biasanya masih balita di barengi dengn pekerjaan setiap harinya, nutrisi yang kurang optimal, dan lain-lain)
  • Ibu hamil menderita penyakit
  • Kondisi kehamilan bermasalah, dan lain sebagainya

Lalu bagaimana caranya agar kelak nantinya persalinan kedua bisa lebih lancar? Nah ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti mengikuti senam hamil kembali ketika usia kandungan masuk bulan ke-8 dan rutin periksa kehamilan  agar memastikan kondisi bunda & kandungan dalam kondisi sehat.

Share:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp