check it now

Peluncuran Program BACA untuk Dukung Anak Indonesia Hebat Berliterasi

Mari dukung anak hebat berliterasi dengan membiasakan aktivitas membaca sejak dini.

Daftar Isi Artikel

Menurut penelitian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tahun 2019, rata-rata indeks Alibaca di Indonesia masih tergolong rendah yaitu 37,31%.

Dari situlah, dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia sekaligus mendukung Gerakan Literasi Nasional, Danone Indonesia dan Tentang Anak (sebuah wadah edukasi dan informasi tentang kesehatan dan tumbuh kembang) mengajak seluruh orang tua untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya gizi seimbang dan gerakan literasi sejak dini melalui peluncuran Program BACA.

“Untuk mendukung anak hebat berliterasi dan kualitas hidupnya lebih baik, kita perlu menanamkan kecintaan terhadap literasi (membaca) sejak dini,” papar Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia dalam peluncuran program BACA dan webinar yang mengusung tema “Dukung Anak Hebat Berliterasi dengan Asupan Gizi Seimbang dan Pola Asuh Orang Tua yang Baik”.

Dalam acara tersebut dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, menyampaikan bahwa keluarga merupakan salah satu dari trisentra pendidikan sebagai tempat pendidikan yang pertama dan utama.

“Orang tua dapat memanfaatkan momen Ramadan di masa pandemi ini untuk mengajarkan kebaikan pada anak agar dapat menyebarkan aksi kebaikan ke lingkungan sekitar. Karenanya, selain mendukung tubuh yang sehat, mereka juga perlu dibekali kemampuan berpikir dan keseimbangan emosi. Ketiganya bisa diberikan melalui dorongan dari dalam berupa pemberian nutrisi dan stimulasi yang tepat, yang disesuaikan dengan tahapan tumbuh kembang anak, salah satunya melalui membaca.” jelasnya.

Hal tersebut senada dengan pemaparan dari Fathya Artha Utami, M.Psi. Ia mengatakan bahwa membaca dapat memperkaya kosakata, meningkatkan kemampuan berbahasa anak, mengasah imajinasi, empati, dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

sumber : Danone Indonesia

Melalui program BACA, Danone Indonesia melalui Tentang Anak menyumbangkan buku serial “Sikap Baik” sebanyak 1.000 buku untuk didistribusikan pada bulan Ramadan ini.

Selain itu, Danone Indonesia juga menyumbangkan buku “Sampahku Tanggung Jawabku” untuk mengajarkan anak-anak mencintai lingkungan dan modul serta flipchart “Isi Piringku” yang juga disebarkan untuk memperkenalkan anak tentang pemenuhan kebutuhan nutrisi melalui menu gizi seimbang.

“Besar harapan kami buku-buku tersebut dapat bermanfaat sebagai bahan pengajaran bagi anak-anak agar mencintai aktivitas membaca,” tutup Arif.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani