Optimalkan Imunitas Anak dengan Kombinasi Prebiotik FOS GOS

Optimalkan Imunitas Anak dengan Kombinasi Prebiotik FOS GOS

Tumbuh kembang optimal pada anak sangat diperlukan untuk membentuk fondasi masa depan bangsa yang berkualitas. Namun data WHO menunjukkan,  infeksi saluran pernapasan akut dan diare menular menjadi morbiditas dan mortalitas pada anak usia di bawah lima tahun.

Padahal, hal tersebut dapat dicegah dengan daya tahan tubuh yang baik untuk melawan infeksi virus dan kuman di sekitarnya.

Menanggapi hal tersebut, Nutriclub berusaha untuk memberikan edukasi mengenai pentingnya pemberian nutrisi yang tepat untuk mendukung imunitas anak melalui Webinar bersama Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastroenterologi, DR. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) dan Head of Departement of Pediatrics, Vrije Universiteit Brussel, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD.

“Sistem imunitas dibentuk sejak awal kehidupan dan akan berkembang menjadi lebih kuat dan lebih kompleks seiring dengan pertambahan usia anak. Di sinilah peran orangtua untuk memastikan agar perkembangan imunitas optimal. Sistem imun yang terjaga menjadi bekal untuk tumbuh kembang optimal.” ujar Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A(K) pada acara Webinar, Senin (20/7/2020).

Adapun penyebab anak rentan terkena gangguan penyakit infeksi seperti ISPA dan diare salah satunya karena sel-sel usus anak masih renggang sehingga mengakibatkan kuman atau alergen akan mudah masuk melalui sel-sel tersebut. Selain itu, mikrobioma pada saluran cerna juga tidak berkembang dengan baik.

Lebih jauh pada kesempatan yang sama, Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD menjelaskan bahwa mikrobioma gastrointestinal (keseimbangan mikrobioma di dalam usus) yang sehat berperan sangat penting untuk mengembangkan sistem imunitas anak sejak dini.

“Mikrobioma merupakan seluruh ekosistem mikroba yang ada di dalam sebuah organ. Mikrobiota usus, bakteri baik bifidobacteria, berperan penting untuk mendukung sistem imun dengan memproduksi antibodi, mengontrol peradangan, mengencangkan sambungan usus dan mendorong toleransi terhadap makanan. Untuk itu, keseimbangan komposisi bakteri baik bifidobacteria harus dipelihara agar dapat terus memberikan manfaat dengan pemberian prebiotik.” ungkap Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD pada acara Webinar, Senin (20/7/2020).

Dilansir dari Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition prebiotik yang merupakan karbohidrat atau serat yang tidak dapat dicerna dan difermentasikan oleh bakteri dalam usus mampu merangsang perkembangan bakteri baik bifidobacteria. Kombinasi prebiotik FOS dan GOS dengan rasio 1:9 dapat meningkatkan jumlah bifidobacteria, menstimulasi pertumbuhan spesies bifidobacteria dan lactobacillus tertentu, mengurangi bakteri patogen, dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Lebih lanjut Prof. Yvan Vandenplas, MD, PhD mengatakan bahwa FOS dan GOS juga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi pada saluran cerna.

Di tengah tantangan kesehatan yang sedang kita hadapi, imunitas yang kuat tentunya sangat diperlukan oleh anak-anak. Salah satu caranya yaitu dengan mendukung pemberian nutrisi yang tepat.

“Itulah sebabnya Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia melalui Nutriclub berharap dengan adanya kegiatan diskusi ini, lebih banyak orang tua yang mengetahui pentingnya imunitas dan cara mendukung imunitas anak melalui nutrisi agar si Kecil memiliki tumbuh kembang optimal. Para orang tua bisa mendapatkan informasi seputar nutrisi, stimulasi, tumbuh kembang dan ilmu parenting lainnya dengan mengunjungi www.nutriclub.id.” tutup Arif Mujahidin, Corporate Communication Director Danone Indonesia.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi