check it now

Musim Hujan? Siapa Takut!

Ketika musim hujan tiba, jangan batasi aktivitas si kecil ya, Sahabat SBH! Biarkan mereka tetap beraktivitas seperti biasa, dan bentengi tubuhnya dengan aneka makanan bergizi.

Belakangan, hujan mulai mengguyur tanah air. Cuaca yang tadinya panas terik, dalam sekejap bisa berubah menjadi dingin dan berangin. Berbagai gangguan kesehatan pun kerap timbul. Mulai dari yang ringan seperti batuk atau pilek, sampai demam berdarah.   

sumber: freepik

Baca juga : Musim Hujan Tiba Waspadai Beberapa Jenis Penyakit Ini

Celakanya, anak-anak justru menjadi golongan yang paling rentan terserang penyakit. Maklum, sistem kekebalan tubuh mereka memang belum terbentuk dengan sempurna.

Karena itu, wajib hukumnya memberikan asupan bernutrisi tinggi, agar kekebalan tubuhnya dapat terus terjaga.

Berikut beberapa pilihan makanan yang terbukti dapat meningkatkan sistem imun sang buah hati :

sumber: freepik

1. Madu

Madu ada di urutan pertama sebagai asupan wajib saat musim penghujan. Mengapa? Sebab dalam madu, terdapat kandungan gizi yang luar biasa. Di antaranya adalah asam amino yang berperan penting dalam pembentukan protein. Sementara protein itu sendiri merupakan salah satu nutrisi pembangun kekebalan tubuh.

Selain itu, madu juga mengandung zat antibiotik yang dapat menghambat serangan patogen penyebab batuk, infeksi saluran pernapasan akut serta penyakit lambung. Cukup berikan 1 sampai 2 sendok makan madu setiap hari, maka kekebalan tubuh si kecil akan meningkat.

Meski demikian, patut diingat ya, jangan berikan madu kepada anak dibawah usia 1 tahun. Sebab saluran pencernaan bayi di bawah usia 1 tahun belum sempurna untuk menangkis racun dari bakteri Clostrium Botulinum yang ada di dalam madu.

2. Buah-buahan

Nutrisi yang terkandung dalam buah tak perlu diragukan lagi. Agar manfaatnya lebih maksimal, ada baiknya memilih buah yang banyak mengandung vitamin C di musim penghujan, seperti jeruk dan kiwi. Sesekali, berikan si kecil buah dalam bentuk jus tanpa gula yang diberi sedikit tambahan garam.

Baca juga : Bunda Wajib Tahu Ini 7 Buah Terbaik Untuk Bayi

3. Sayuran

Sama seperti buah, sayuran juga memiliki nutrisi tinggi dan wajib dikonsumsi setiap hari. Buatlah sayuran dalam bentuk sup hangat bersama ayam atau daging tanpa lemak. Jenis makanan ini, mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus memberikan kehangatan di musim penghujan.   

Baca juga : Mengintip Manfaat Sayuran Putih Bagi Kesehatan Tubuh

3. Susu Kedelai

Sari kacang kedelai atau sering disebut dengan susu kedelai sangat berguna untuk pertumbuhan, perbaikan jaringan yang rusak serta penambah imunitas tubuh. Susu kedelai juga mengandung  ikatan asam amino, vitamin dan beberapa zat gizi lainnya yang akan membentuk flavonoid yaitu sejenis pigmen, seperti halnya zat hijau daun yang terdapat pada tanaman yang berwarna hijau.

Secara ilmiah, flavonoid terbukti mampu mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Dan, salah satu jenis flavonoid yang sangat banyak terdapat pada biji kedelai adalah isoflavon yang terbukti ampuh meningkatkan sistem imunitas.

Meski demikian, jangan memberikan susu kedelai secara berlebihan pada si kecil. Sebab bila dikonsumsi secara berlebihan, kandungan yang terdapat didalamnya malah dapat menghambat proses penyerapan zat besi oleh tubuh.   

4. Minyak Ikan atau ikan salmon

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak omega 3  terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membantu perkembangan otak anak. Itu sebabnya, minyak ikan atau ikan salmon sangat disarankan dikonsumsi sang buah hati kala musim penghujan.

Baca juga : Waktu dan Takaran Tepat Konsumsi Ikan bagi Anak

5. Susu

Susu biasanya sudah menjadi asupan rutin si kecil. Dalam susu terkandung protein yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh sang buah hati. Beri susu secara lebih rutin di musim penghujan, niscaya risiko si kecil terserang penyakit akan lebih menurun.

6. Minyak Zaitun

Banyak riset yang telah mengumumkan bahwa beberapa nutrisi penting yang ditemukan pada ASI juga terkandung dalam minyak zaitun. Itu sebabnya minyak yang dibuat dari perasan buah zaitun ini baik untuk meningkatkan imunitas.

Baca juga : Minyak Zaitun Cairan Emas Kaya Manfaat

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.