check it now

Menilik Ragam Khasiat Lidah Buaya

Siapa bilang lidah buaya hanya bermanfaat untuk menyuburkan dan menguatkan rambut? Untuk menumpas jerawat dan mencegah penuaan dini juga bisa kok !

Khasiat lidah buaya sebagai penyubur dan penguat rambut memang tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera ini mengandung beragam vitamin dan mineral, yang secara medis sudah terbukti sangat berguna menutrisi kulit kepala.

Karena itu, jangan heran jika akhirnya berbagai produk perawatan rambut berlomba-lomba memasukkan ekstrak lidah buaya sebagai salah satu komponen utamanya. Mulai dari shampo, conditioner, sampai hair lotion. Bahkan belakangan, ekstrak lidah buaya juga banyak digunakan sebagai campuran kosmetik perawatan wajah.

Kandungan Lidah Buaya

Dr. Wigati Bramundito, SpKK dari Rumah Sakit Puri Cinere menjelaskan bahwa manfaat dari lidah buaya itu sendiri sebenarnya telah diketahui oleh nenek moyang kita sejak ribuan tahun yang lalu. Baru kemudian setelah teknologi semakin berkembang, para ahli melakukan serangkaian penelitian dan menemukan fakta tentang kayanya nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya. “Nah berdasarkan hasil penelitian itulah saya berani menjamin jika manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut dan kulit memang nyata, bukan sekedar mitos belaka,” tegasnya.

Adapun nutrisi yang terkandung dalam lidah buaya, seperti dijelaskan oleh dokter Wigati meliputi vitamin dan mineral. Lebih tepatnya, ada 5 jenis vitamin yang terdapat didalamnya, yaitu vitamin A, B, C, E dan B12. Sementara untuk mineralnya, lidah buaya mengandung magnesium, potassium dan zink.

“Tidak hanya itu, selain vitamin dan mineral, lidah buaya juga mengandung asam amino yang berguna untuk mendorong regenerasi sel, baik sel kulit maupun rambut. Karena itu apabila diaplikasikan pada rambut, maka lidah buaya dapat memperkokoh akarnya guna mencegah kerontokan. Sementara bila digunakan pada kulit, baik wajah maupun tubuh, maka lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti-aging yang akan membantu mengurangi penuaan dini,” tutur dokter Wigati lagi.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kulit

Lebih jauh dokter Wigati menjelaskan bahwa lidah buaya juga mengandung dua hormon yang disebut auksin dan giberlin. Kedua hormon tersebut selain berfungsi merangsang pertumbuhan sel baru juga berkhasiat menyembuhkan luka dan meringankan peradangan pada kulit. Untuk lebih jelasnya, berikut:

Mengurangi Jerawat

Lidah buaya memiliki sifat anti-bakteri yang berguna untuk menumpas bakteri penyebab jerawat. Karena itu, jika ingin menyembuhkan jerawat secara alami, gunakanlah lidah buaya dengan cara menggosokkan gel-nya ke kulit wajah.

Meredakan Panas Akibat Sengatan Matahari

Indonesia merupakan negara tropis dimana matahari selalu hadir hampir sepanjang tahun. Tak heran jika sehabis beraktifitas di luar ruang, kulit jadi terasa panas akibat terbakar matahari. Untuk mengatasinya, ambil daging lidah buaya dan oleskan pada kulit yang terbakar matahari, maka niscaya sisa panas yang tertinggal di kulit akan segera mereda.

Mengobati luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan sebagai pertolongan pertama bagi kulit yang mengalami luka bakar. Dengan menggunakan lidah buaya, maka peradangan pada luka bakar tingkat 1 atau tingkat 2 dapat dikurangi.

Melembabkan kulit

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, lidah buaya mengandung vitamin E dan Vitamin C, sehingga dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit.

Alergi

Meskipun tergolong alami dan memiliki sederet manfaat, bukan berarti lidah buaya dapat dengan sembarangan diaplikasikan pada kulit tubuh maupun wajah, terlebih pada bayi. Sebab, kondisi dan jenis kulit setiap orang pada dasarnya berbeda-beda sehingga mungkin saja ada efek samping seperti alergi yang bisa dirasakan oleh penggunanya.

“Bila ingin digunakan pada bayi misalnya, maka sebaiknya memang di tes terlebih dahulu apakah si kecil alergi terhadap lidah buaya atau tidak. Caranya, ambil sedikit daging lidah buaya dan tempelkan di belakang telinganya. Diamkan beberapa saat dan lihat reaksi kulit si kecil. Jika kulit di belakang telinganya memerah, maka sebaiknya jangan digunakan. Tes yang sama juga bisa dilakukan oleh orang dewasa guna mengetahui apakah dirinya alergi terhadap lidah buaya atau tidak,” tutup dokter Wigati.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.