check it now

Mengikutsertakan Balita dalam Kompetisi? Kenapa Tidak

Mengikutsertakan si kecil yang masih balita dalam kompetisi? Kenapa tidak.

Terlebih saat si kecil menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap kompetisi yang sedang diikuti atau bahkan terpilih sebagai juara. Bukan hanya orangtua yang bangga, tetapi mereka pun tentu akan bahagia.

Saat ini, bukan hanya kompetisi untuk anak-anak di atas 5 tahun saja yang banyak digelar, tetapi juga kompetisi untuk balita misalnya lomba mewarnai, bernyanyi, hingga lomba foto atau pemilihan model.

Pertanyaannya, apakah balita boleh diikutsertakan dalam sebuah kompetisi?

Para pakar menjawab, sejatinya sejak usia balita, si kecil sudah bisa diajak untuk ikut serta dalam sebuah kompetisi. Namun tentunya di bawah pengawasan penuh dari orangtua.

Dengan mengikutsertakan si kecil dalam sebuah kompetisi, maka secara tidak langsung dalam diri mereka akan mulai terbangun konsep diri yang positif.

Selain itu si kecil juga bisa mengukur sejauh mana kemampuan dirinya. Bahkan, mereka pun memiliki potensi yang besar untuk maju dan mengembangkan kreativitasnya.

Mengapa demikian? Sebab saat mengikuti lomba si kecil akan bertemu dengan orang baru dan memiliki pengalaman baru yang bisa memotivasi dirinya.

Namun, satu hal yang perlu digarisbawahi oleh orangtua bahwa kompetisi bukan sebuah ajang adu gengsi, melainkan sebuah cara untuk memperkenalkan hal-hal baru kepada si kecil.

Oleh karenanya, jangan sampai orangtua memaksa si kecil apabila ia tidak atau belum berminat untuk mengikuti sebuah kompetisi. Sebab hal tersebut justru dapat memberikan dampak buruk bagi diri mereka.

Nah, apabila si kecil sudah bisa diajak bicara, orangtua bisa menanyakan hal tersebut secara baik-baik. Bila perlu ajak mereka untuk berdiskusi dan biarkan mereka menentukan sendiri kompetisi apa yang ingin mereka ikuti. Dengan begitu, rasa tanggungjawab dalam dirinya akan bisa terbangun.

Satu hal yang tidak boleh terlupa, orangtua tidak boleh memberikan tekanan saat si kecil mengikuti kompetisi. Berusahalah untuk menjadikan kompetisi tersebut sebagai sebuah momen yang fun atau menyenangkan untuk si kecil agar nantinya mereka bisa menerima apapun hasil yang didapatkannya.

Dengan begitu, jiwa sportif dan mental juaranya akan terbangun sejak dini.

Jadi, apakah Anda tertarik untuk mengikutsertakan si kecil dalam sebuah kompetisi?

Nantikan audisi virtual Pemilihan Model Cover SBH 2020 yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Abdi SBH

Abdi SBH