Mengenalkan Keajaiban Alam Pada Si Kecil

Mengenalkan Keajaiban Alam Pada Si Kecil

Alam selalu menyediakan berbagai tanaman berkhasiat untuk manusia, termasuk untuk si kecil. Apa saja?

Kencur

Umumnya kencur dijadikan salah satu pelengkap bumbu dapur. Tapi siapa sangka, kencur juga bermanfaat untuk meredakan batuk si kecil. Caranya mudah, ambil seruas jari kencur, cuci bersih dan parut. Beri 1 sendok makan air panas pada parutan kencur, tekan-tekan dan saring. Bubuhi sedikit garam pada air parutan kencur yang telah di saring dan berikan pada si kecil yang mengidap batuk 3 kali sehari.

Bunga Belimbing Wuluh

Di daerah Jawa Tengah, buah belimbing wuluh biasanya dijadikan pelengkap rasa asam segar pada masakan sayur asam atau garang asam. Sementara bunganya yang berwarna merah marun itu digunakan sebagai obat untuk meredakan batuk berdahak. Caranya : ambil segenggam bunga belimbing wuluh, cuci bersih dan masak dalam api kecil bersama 2 gelas air dan gula batu secukupnya. Didihkan terus hingga air berubah warna menjadi merah. Angkat, saring dan bagi menjadi 3 bagian. Berikan pada si kecil saat pagi, siang dan malam.

Jahe

Air perasan jahe dapat dijadikan obat alami yang baik untuk mengatasi beberapa penyakit yang sering menyerang anakanak seperti masuk angin, batuk, pilek, radang tenggorokan dan diare.  Selain itu, jahe juga berfungsi sebagai antioksidan sehingga daya tahan tubuh si kecil dapat lebih meningkat.

Bawang Merah

Orangtua jaman dahulu selalu menyelipkan bawang merah sebagai obat alami untuk anak. Maklum, bumbu dapur yang satu ini memang terbukti ampuh meredakan demam dan perut kembung yang kerap di derita oleh balita. Cara menerapkannya pun mudah. Cukup kupas beberapa siung bawang merah, tumbuk kasar dan campur dengan minyak kelapa murni atau minyak telon. Setelah itu balurkan pada tubuh si kecil, termasuk pada telapak kaki.  Atau bisa juga dengan cara membagi  bawang merah menjadi 2 bagian, celupkan dalam minyak kelapa murni atau minyak telon, kemudian gunakan bawang merah yang sudah dicelup sebagai alat kerik pada tubuh si kecil.

Kunyit 

Selain berguna untuk memberi warna kuning cerah pada masakan, kunyit juga kerap dijadikan campuran jamu. Sementara bila dikonsumsi anak-anak, kunyit dapat menambah nafsu makan serta meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Air Kelapa Hijau

Di samping sebagai pelepas dahaga, air kelapa hijau yang banyak mengandung elektrolit juga sangat berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Bila di minum oleh anak-anak, air kelapa hijau bermanfaat untuk mengobati demam dan membantu penyembuhan infeksi saluran kemih.

 

Daun Mint

Daun mint umumnya digunakan sebagai pelengkap dari suatu masakan atau minuman. Aromanya yang khas banyak disukai karena menimbulkan efek segar. Tak heran jika tanaman yang satu ini sering  dijadikan bahan utama untuk pembuatan pasta gigi, permen, bahkan kosmetik. Zat yang terkandung dalam daun mint dapat memperlancar sistem pencernaan, meringankan kejang perut dan mual serta melegakan hidung yang tersumbat

Lengkuas

Masyarakat di pulau Jawa umumnya mengenal lengkuas dengan sebutan laos. Jika dilihat dari penampakannya, sekilas bentuk lengkuas mirip dengan jahe. Selain bisa digunakan untuk menambah kelezatan masakan, lengkuas juga bisa dikonsumsi untuk membantu meredakan demam dan diare. Tidak hanya  itu, dengan lengkuas, berbagai penyakit kulit seperti panu dan kurap pun bisa disembuhkan. Apabila ingin menghilangkan bekas luka pada kulit si kecil, lengkuas juga dapat diandalkan. Caranya :  potong lengkuas segar dan oleskan pada bekas luka. Lakukan secara rutin dan bekas luka akan mulai memudar dalam waktu 2 minggu.

Biji Pala

Sejak dulu biji pala menjadi komoditi perdagangan yang sangat diminati. Selain dijadikan rempah pelengkap masakan, biji pala juga bisa dijadikan bahan obat tradisional. Biji pala memiliki kandungan minyak atsiri, saponin, miristisin, elemisi, enzim lipase, pektin, lemonena, dan asam oleanolat. Semua kandungan tersebut bermanfaat bagi kesehatan, termasuk untuk melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi