check it now

Melahirkan Tanpa Rasa Sakit dengan Hypnobirthing

Benarkah Hypnobirthing dapat mengatasi segala ketakutan ketika melahirkan?

Daftar Isi Artikel

sumber: freepik

Rasa sakit saat melahirkan sering menjadi momok yang menyeramkan bagi ibu hamil. Namun jangan khawatir, melalui hypnobirthing segala ketakutan tersebut dapat diatasi. Penasaran seperti apa metodenya?

Meskipun kehamilan merupakan kabar gembira bagi setiap perempuan, namun tak sedikit yang pada akhirnya dirundung rasa khawatir dan takut soal rasa sakit saat melahirkan kelak. Terlebih pada kehamilan pertama.

Faktanya, melahirkan adalah suatu proses alami bagi setiap perempuan, karenanya tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan. Sebab tubuh perempuan memang sudah didesain sedemikian rupa oleh Yang Maha Kuasa untuk menghantarkan manusia baru lahir ke dunia.

Tak bisa dipungkiri, setiap persalinan tentu akan menimbulkan rasa sakit atau nyeri. Namun percayalah, rasa sakit tersebut tidak semenyeramkan apa yang dibayangkan. Justru rasa sakit atau nyeri yang dialami dapat menjadi lebih parah karena rasa panik dan stress.

Menurut dr. Tubagus Erwin Kusuma, SpKj, rasa sakit saat melahirkan sebenarnya bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Intinya adalah bagaimana perempuan hamil bisa mengelola stres dan rasa khawatirnya.

Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu melalui hypnobirthing atau metode untuk meredam rasa sakit saat melahirkan dengan relaksasi mendalam. Relaksasi itu sendiri bertujuan untuk memprogram ulang rekaman rasa sakit yang sudah terekam pada alam bawah sadar agar menjadi rasa yang lebih positif.

“Jika kemampuan relaksasi dan self hypnosis sudah dimulai sejak merencanakan kehamilan, maka bayi dalam kandungan pun secara otomatis akan merasakan getaran ketenangan dan damaian bagi jiwanya.” ungkap Erwin.

Proses relaksasi akan dipadukan dengan teknik afirmasi dan visualisas kepada ibu hamil. Teknik afirmasi yang dilakukan sangat sederhana yaitu dengan mengulang kalimat-kalimat yang berisi sugesti positif, misalnya proses persalinan yang nyaman dan lancar.

Sedangkan teknik visualisasi dilakukan dengan membayangkan apa yang dikatakan tadi, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila rasa sakit akibat kontraksi mulai datang, ibu hamil dianjurkan untuk membayangkan berada di tempat yang nyaman dan indah, membayangkan betapa bahagianya saat si kecil sudah terlahir ke dunia dan berada di pelukan, atau bisa juga membayangkan sedang menyusui bayi hingga rasa sakitnya perlahan-lahan tidak terasa.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.