check it now

Manfaat Mengajari Anak Bahasa Asing Sejak Dini

Mengajari anak bahasa asing sejak dini memang memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai berikut.

Daftar Isi Artikel

Di era globalisasi ini, menguasai bahasa asing terutama Bahasa Inggris memang sangat diperlukan.

Bahasa memang merupakan jembatan bagi manusia untuk saling berkomunikasi. Lewat bahasa yang sama, peluang keberhasilan si kecil baik dari bidang bisnis maupun persahabatan akan semakin besar.

Itu sebabnya, penting memberikan bekal penguasaan bahasa asing, paling tidak bahasa Inggris kepada anak. Agar kelak dapat mempermudah mereka berkomunikasi dengan orang dari negara lain.

Lalu yang menjadi pertanyaan, di usia berapa pengajaran bahasa asing dapat mulai diterapkan pada si kecil?

Idealnya anak dapat menerima bahasa kedua (bahasa asing) pada usia tiga tahun atau pra sekolah.

Sebab usia tersebut merupakan fase krusial di mana otak anak mulai membentuk pondasi untuk berprilaku, berpikir, dan mempelajari hal baru di sekitarnya.

Berikut beberapa manfaat mengajari anak bahasa asing sejak dini.

1. Menumbuhkan rasa percaya diri

Dengan memiliki kemampuan berbahasa asing sejak dini, si kecil akan lebih bisa mengekspresikan dirinya di lingkungan rumah maupun sekolah sehingga dapat tampil lebih percaya diri.

2. Membantu anak agar pandai bersosialisasi

Bahasa asing dapat dipelajari dengan cepat apabila sering digunakan untuk berkomunikasi. Akibat seringnya si kecil berkomunikasi, maka akan semakin pandai pula dia belajar bersosialisasi.

3. Membantu anak belajar menghafal

Ketika anak diajarkan dua bahasa, tanpa disadari mereka belajar menghafal kosakata bahasa ibu dan bahasa asing yang dipelajari. Dengan begitu, anak bisa belajar menghafal sejak dini.

4. Melatih kemampuan anak memecahkan masalah

Saat belajar dua bahasa, pola pikir anak sudah terlatih untuk memahami bahasa yang dipelajari. Sehingga anak akan dengan sendirinya menemukan metode yang tepat bagi diri mereka untuk memahami bahasa yang dipelajari. Hal inilah yang merangsang kemampuan anak dalam memecahkan masalah.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani