check it now

Manfaat Menakjubkan Vitamin C bagi Tubuh

Jangan sampai terlewatkan! Ini beragam manfaat menakjubkan vitamin C bagi tubuh yang perlu Anda tahu.

Daftar Isi Artikel

Manfaat vitamin C memang tak perlu diragukan lagi. Sebab selain dapat meningkatkan sistem imun tubuh, vitamin C juga membantu penyerapan zat besi, mengatasi efek kelelahan, serta menghindari kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa tubuh yang cukup mendapatkan asupan vitamin C dapat terhindar dari risiko hipertensi, kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan usus besar.

Hebatnya lagi, jenis vitamin yang satu ini juga disebut-sebut bisa memperbaiki mood menjadi lebih baik, lho.

Jumlah Kebutuhan Vitamin C Harian

Sebenarnya berapa banyak tubuh memerlukan vitamin C setiap harinya?

Kebanyakan ahli menyarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin C sebanyak 60 – 70 mg per hari. Ada pula yang menyarankan sebanyak 500 mg per hari.

Meski bervariasi, namun hampir semua menyarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin C lebih dari 1.000 mg per hari. Pasalnya Journal of the American Medical Association (JAMA) menyebutkan, tubuh manusia hanya mampu mencerna 200 mg vitamin C setiap harinya.

Itu sebabnya, jika mengonsumsi lebih akan sia-sia bahkan bisa menyebabkan efek samping seperti gangguan pencernaan hingga terbentuknya batu ginjal.

Jenis Buah dan Sayur Tinggi Vitamin C

Sumber vitamin C bisa didapatkan dari banyak jenis makanan, termasuk buah dan sayur berikut:

1. Stroberi

Stroberi merupakan salah satu buah ajaib yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Dalam 100 gram stroberi mengandung 58,8 mg vitamin C.

Kandungan vitamin C nya dapat melindungi dari kemungkinan gejala penyakit kulit seperti kudis, membantu mengontrol kolestrol jahat, meningkatkan kesehatan otak dan membantu menjaga kesehatan mata.

2. Nanas

Selain kaya kandungan vitamin C, nanas juga mengandung kalium, magnesium, mangan, B6, thiamin, dan beta karoten.

Oleh karena itu, selain dapat meningkatkan imunitas tubuh, buah ini juga diyakini dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, pembekuan darah, kanker tenggorokan, mulut, dan payudara.

Di Indonesia, nanas bukanlah buah yang langka. Sebab kita bisa dengan mudah mendapatkannya di mana saja tanpa mengenal musim.

3. Pepaya

Tak hanya tinggi kandungan vitamin C, pepaya juga merupakan super fruit yang mengandung vitamin V, karoten, flavonoid, asam folat, dan magnesium.

Rutin mengonsumsi pepaya dipercaya dapat menghindari tubuh dari penyakit jantung, oksidasi kolestrol, melancarkan pencernaan, sekaligus menyeimbangkan suhu tubuh.

4. Mangga

Mangga menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari di seluruh dunia.

Buah ini kaya akan vitamin C dan 20 jenis vitamin serta mineral lainnya yang dapat menyehatkan kulit dan rambut. Hebatnya lagi, mangga disebut-sebut sebagai salah satu pengganti karbohidrat baik dan dapat membantu menurunkan obesitas.

Hal tersebut dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menguji ekstrak mangga polifenol pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, dan jaringan kanker prostat.

Hasil uji tersebut membuktikan bahwa mangga memiliki dampak pada semua kanker, namun paling efektif bekerja pada kanker payudara dan usus besar.

5. Brokoli

Brokoli mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan kesehatan kulit. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin harian, Anda hanya perlu mengonsumsi minimal 45 gram brokoli.

Bila ingin mendapatkan manfaat lebih, cobalah konsumsi brokoli dengan cara mengukusnya sebentar.

Jangan salah, tak hanya vitamin C dan antioksidan, sayuran hijau ini juga mengandung vitamin K, zat besi, dan protein yang dapat membantu proses pembekuan darah serta menjaga kesehatan tulang.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani