check it now

Kumpulan Nama Bayi yang Lahir di Bulan Ramadan Beserta Artinya

Sedang menanti kelahiran buah hati di bulan Ramadan? Berikut kumpulan nama bayi yang lahir di bulan ramadan beserta artinya yang dapat menjadi pilihan.

Daftar Isi Artikel

Bulan Ramadan merupakan bulan yang mulia dan dinanti oleh seluruh umat Islam. Tak heran bila kelahiran si kecil di bulan ini menjadi momen yang spesial.

Untuk menantikan kehadiran si kecil ke dunia, Anda bisa mempersiapkan nama-nama yang indah untuknya. Berikut kumpulan nama bayi yang lahir di bulan Ramadan beserta artinya versi Sang Buah Hati.

Bayi Laki-Laki

1. Ramadhan

Ramadan merupakan bulan ke-9 dalam kalender hijriyah dan menjadi bulan yang paling dinanti oleh umat Islam. Selain diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa, di bulan Ramadan seluruh amal kebaikan yang dilakukan akan mendapat pahala yang berlipat ganda.

2. Sabir

Nama Sabir dapat diartikan sebagai orang yang sabar. Pasalnya saat berpuasa di bulan Ramadan, umat Islam bukan hanya diharuskan untuk bersabar menahan lapar dan haus menantikan waktu berbuka, melainkan juga sabar dalam menahan segala godaan dan amarah.

3. Na’im

Na’im berarti keberkahan. Nama ini sangat cocok diberikan untuk bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan karena merupakan bulan yang penuh berkah.

4. Rayyan

Rayyan artinya gerbang di surga. Orang tua yang memberikan nama Rayyan berharap kelak anaknya dapat menjadi pembuka pintu surga untuk kedua orang tuanya.

5. Abdullah

Abdullah merupakan nama dari Ayah baginda Rasulullah Muhammad SAW. Nama ini juga cukup populer saat ini dan cocok diberikan untuk bayi laki-laki yang lahir di bulan Ramadan.

Nama Abdullah memiliki arti benar, suci, mulia dan memiliki budi pekerti baik. Dengan memberikan nama ini orang tua juga sekaligus memberi doa dan menanamkan harapan agar anaknya dapat tumbuh menjadi pribadi berbudi pekerti luhur.

6. Qadr/Qadar

Sepeti yang kita tahu, di bulan Ramadan terdapat satu malam yang sangat mulia dan lebih baik dari seribu bulan. Ya, malam lailatul qadar.

Begitupun nama Qadr/Qadar ini memiliki arti malam kemuliaan yang lebih baik dari seribu bulan.

7. Hafiz

Hafiz berarti penjaga, pelindung, dan tanggung jawab. Nama ini juga mengandung doa dan harapan orang tua agar kelak anak laki-lakinya dapat tumbuh menjadi orang yang bertanggung jawab dan menjadi pelindung atau penjaga orang tua serta keluarganya.

Bayi Perempuan

1. Hilya

Hilya cocok diberikan sebagai nama bayi perempuan yang bermakna perhiasan. Kata Hilya sendiri terdapat dalam Alquran surah An-Nahl ayat 14. Pada ayat tersebut Allah menerangkan bahwa Dia telah menundukkan lautan sehingga kita bisa mengambil perhiasan di dalamnya.

2. Shauma

Nama shauma berasal dari bahasa Arab “Shaum” yang berarti puasa. Shaum memiliki arti menahan atau mencegah. Karena selama bulan Ramadan umat Islam diwajibkan untuk berpuasa dan menahan segala bentuk lapar, dahaga, dan hawa nafsu lainnya.

3. Aiza

Aiza cocok diberikan sebagai nama bayi perempuan yang lahir di bulan Ramadan. Nama Aiza memiliki arti perempuan yang dihormati, perkasa, murah hati dan dimuliakan.

4. Qiana

Nama Qiana berasal dari bahasa Arab yang berarti berkah dari Allah. Nama ini sangat cocok diberikan untuk putri kecil yang lahir di bulan Ramadan. Sebab bulan Ramadan dipenuhi banyak keberkahan.

Nama Qiana juga sekaligus mennjadi doa dan harapan agar kehidupan sang anak akan selalu diberkahi oleh Allah.

5. Zulfa

Nama Zulfa bermakna kedudukan yang dekat atau derajat yang dekat. Pemberian nama ini dapat menjadi doa bagi orang tua agar anak perempuannya tumbuh menjadi pribadi yang jujur, ramah, dan menyenangkan.

6. Safaluna

Safaluna merupakan salah satu nama yang tergolong unik. Nama ini berasal dari bahasa Arab yang berarti bulan yang tenang.

Nama ini pas sekali diberikan untuk buah hati yang lahir di bulan Ramadan. Sebab Ramadan merupakan bulan yang penuh dengan ketenangan dan kedamaian.

Tak perlu bingung memberi nama panggilan, nantinya orang tua bisa memanggil dengan nama Luna atau Safa. Cantik bukan?

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani