Kenali Bahaya Kaki Bengkak Saat Hamil

Kenali Bahaya Kaki Bengkak Saat Hamil

Kaki bengkak saat hamil memang lumrah terjadi, bahkan penelitian membuktikan bahwa 75% ibu hamil terdata mengalami masalah ini. Meski jamak ditemui, nyatanya keluhan yang dalam dunia medis disebut edema ini juga tak boleh dianggap sepele lho.

Afra F. Tangdialla, Sp.OG, dari Rumah Sakit Hermina dan Mitra Keluarga Depok membeberkan bahwa sebenarnya ada beberapa kondisi pembengkakan yang menurutnya patut dikhawatirkan, karena hal ini bisa jadi tanda awal dari preeklampsia.

“Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa preeklampsia merupakan tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain ditandai dengan sakit kepala yang hebat, penglihatan kabur serta rasa nyeri pada perut bagian atas, preeklampsia juga dapat menyebabkan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh termasuk kaki. Bila tak segera ditangani, preeklampsia bisa berkembang menjadi eklamsia yang bisa berakibat fatal bagi keselamatan ibu dan janin,” ujar Dokter Afra

Itu sebabnya, Dokter Afra kembali menegaskan, jika bengkak pada kaki terjadi secara berlebihan dan diiringi dengan kondisi lain yang tak lazim, mulai dari nyeri dada, sesak napas, hingga bengkak hanya pada satu kaki, maka disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Sebab selain bisa menjadi tanda awal dari preeklampsia, bengkak yang demikian juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada jantung atau pembekuan darah.

 

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi