check it now

Jangan Dibuang, Bun! Ini 6 Manfaat Kulit Pisang yang Jarang Diketahui

Jangan buru-buru dibuang ya Bun, ternyata kulit pisang menyimpan banyak manfaat bagi kulit, lho.

Daftar Isi Artikel

Selama pisang hanya dimanfaatkan dagingnya dan membuang kulitnya.

Padahal, selain dagingnya yang kaya akan serat dan tinggi protein, ternyata kulit pisang pun menyimpan banyak manfaat, lho.

Misalnya untuk memutihkan gigi, menjaga kulit wajah, dan lain sebagainya.

Karenanya, sebelum membuang kulit pisang ke tempat sampah, Bunda perlu tahu beberapa manfaat yang tersembunyi di dalamnya.

1. Memutihkan Gigi

Kulit pisang diyakini dapat mengangkat noda pada gigi dan membuat gigi putih berseri. Hal tersebut karena kulit pisang mengandung magnesium, potasium, dan mangan.

Caranya mudah, cukup gosok kulit pisang pada gigi setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit sebelum menyikat gigi.

Selain efektif, cara ini juga cukup hemat dan mudah dilakukan oleh siapa saja.

2. Menghilangkan Kutil

Kulit pisang juga mampu menghilangkan kutil yang mengganggu. Kandungan dalam kulit pisang berguna untuk mengeringkan kutil sehingga dapat lepas dengan mudah.

Cukup tempelkan kulit pisang pada area yang terinfeksi kutil setiap malam dan tutup dengan perban. Biarkan menempel semalaman hingga kutil benar-benar hilang.

3. Dikonsumsi

Tak hanya daging pisangnya saja yang bisa dikonsumsi, ternyata kulitnya pun bisa dimakan. Banyak resep masakan India yang menggunakan pisang sebagai bahan dasar/pelengkapnya.

Selain itu, kulit pisang juga bisa digunakan untuk membuat daging ayam semakin empuk. Caranya bungkus daging ayam dengan kulit pisang dan diamkan selama 20 menit.

4. Mengatasai Jerawat

Karena mengandung antioksidan seperti lutein dan asam lemak, kulit pisang dapat membantu mengobati masalah seperti jerawat.

Caranya, aplikasikan kulit pisang pada area wajah yang berjerawat selama 20 menit setiap hari. Kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Bila dilakukan secara rutin selama seminggu, cara ini ampuh untuk mengatasi jerawat yang membandel.

5. Mengurangi Kerutan dan Melembabkan

Kulit pisang juga dapat melembapkan kulit sehingga mengurangi kerutan di wajah. Hal tersebut karena kulit pisang mengandung mineral yang dapat menghidrasi kulit.

Caranya, hancurkan pisang dan campurkan dengan kuning telur. Gunakan masker ini pada wajah dan diamkan selama lima menit. Kemudian bilas dengan air digin hingga bersih.

6. Pengilang Rasa Sakit

Tahukah bahwa kulit pisang dapat menghilangkan sakit kepala. Caranya letakkan kulit pisang di bagian dahu. Biarkan menempel selama 30 menit hingga rasa sakit hilang.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani