Hentikan Penyebaran Virus dan Bakteri Mulai dari Smartphone

Hentikan Penyebaran Virus dan Bakteri Mulai dari Smartphone

Penyebaran virus Corona atau novel coronavirus (SARS-CoV-2 atau Covid-19) yang masif dan meluas hingga ke Indonesia patut membuat kita waspada. Apalagi yang namanya virus adalah makhluk yang tak kasat mata.

Alhasil, keberadaanya sulit dideteksi dan sesuatu yang tampak bersih bukan berarti bebas virus. Dalam hal ini, brand smartphone Oppo mengingatkan konsumen Indonesia untuk rajin membersihkan perangkat gawainya.

“Sebaiknya kita tetap tidak panik terhadap adanya kasus virus Corona, justru sebaliknya harus memulai pencegahan dari diri sendiri, salah satunya dengan menjaga agar smartphone tetap bersih dan tidak menjadi sarang kuman atau bakteri,” tutur Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Guna mencegah penyebaran Covid-19, cara terbaik adalah menjaga kebersihan, misalnya mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik, menutup hidung dan mulut saat batuk, menggunakan masker, dan menghindari kontak dengan orang lain yang sedang terkena sakit flu atau batuk. Tetesan kecil dari batuk dan bersin dari orang yang telah terinfeksi dapat membawa virus Corona baru sejauh satu hingga dua meter.

Penyebaran virus melalui smartphone justru sangat kecil peluangnya, mengingat benda mati bukanlah tempat untuk bertahan yang ideal bagi virus. Tapi alangkah baiknya melakukan tindak pencegahan,  The Journal of Hospital Infection mengungkapkan bahwa ada kemungkinan virus corona bisa bertahan selama beberapa hari, seperti stainless steel, baja dan kertas.

Apalagi Oppo memperkirakan bahwa rata-rata orang menyentuh layar smartphone lebih dari 2.000 kali sehari. Jadi tidak mengherankan bahwa ponsel dapat menampung banyak bakteri dan kuman.

Brand asal Tiongkok ini merekomendasikan pengguna untuk membersihkan permukaan ponsel dengan kain microfiber yang sedikit basah dengan air hangat dan sabun. Pengguna smartphone juga dapat menggunakan tisu wajah atau tisu bayi, lalu mengelapnya dengan kain lembut.

Hindari untuk membersihkan layar smartphone OPPO dengan pembersih kaca jendela atau disinfektan yang mengandung bahan kimia kuat, yang justru bisa merusak elemen pelapis layar.

Solusi lain adalah menggunakan pembersih sinar UV-C juga bisa digunakan untuk menjangkau bagian sulit dan lubang-lubang kecil di smartphone.

 

 

 

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi