Hampir Setengah Anak Indonesia Jarang Sikat Gigi di Malam Hari

Hampir Setengah Anak Indonesia Jarang Sikat Gigi di Malam Hari

Pepsodent, brand perawatan kesehatan gigi dan mulut bentukan PT Unilever Indonesia, Tbk. bekerjasama dengan FDI World Dental Federation dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kembali memperingati Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Sedunia 2020.

Dalam kesempatan ini, Pepsodent mengangkat hasil survei yang dilakukan di 8 negara mengenai pentingnya menanamkan kebiasaan menyikat gigi pada malam hari. Sebuah kebiasaan penting yang belakangan diketahui ternyata masih sering dilewatkan oleh anak-anak maupun orangtua.

Hal ini terungkap lewat survei global yang dilakukan Unilever bekerjasama dengan salah satu universitas dengan fakultas kedokteran gigi unggilan di Inggris yaitu King’s College London. Survei ini melibatkan 5.000 anak dan orangtua di seluruh dunia.

Sementara di Indonesia sendiri penelitian dilakukan dengan mengambil populasi sampel dari 506 anak. Hasilnya terungkap bila 34% dari sampel tersebut belum membiasakan diri untuk sikat gigi di malam hari. Artinya, mereka belum menjadikan kebiasaan ini sebagai prioritas ataupun bagian dari rutinitas sebelum tidur.

“Kesehatan gigi dan mulut anak yang tidak rutin menyikat gigi di malam hari berpeluang 40% lebih sering mengalami sakit gigi dibanding anak yang rajin menyikat gigi. Merekapun menjadi lebih tidak percaya diri di sekolah, dimana 25%-nya memilih untuk tidak aktif mengikuti kegiatan sekolah. Selain itu, anak-anak yang tidak menyikat gigi di malam hari sering diejek temannya karena giginya tidak sehat, dan sepertiga dari mereka merasa rendah diri,” ujar Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi