check it now

Fakta Unik Cappadocia Turki, Destinasi Wisata yang Lagi Viral

Siapa sih yang tidak tertarik mengunjungi destinasi wisata seindah Cappadocia? Intip yuk apa saja hal menarik yang bisa ditemukan di sana.

Daftar Isi Artikel

Cappadocia, setiap mendengar kata tersebut pasti hal pertama yang teringat adalah dialog Putri Marino yang berperan sebagai Kinan dalam serial Layangan Putus.

Ya, belum lama ini, berkat penggalan adegan antara Putri Marino (Kinan) dan Reza Rahadian (Aris) dalam serial Layangan Putus, destinasi wisata Cappadocia, Turki mendadak viral.

Tempat yang menjadi impian Kinan tersebut memang terkenal sebagai destinasi wisata balon udara paling populer di dunia. Karenanya, tak heran bila Cappadocia selalu menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Turki.

Apa saja sih hal menarik dan unik yang membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjungi tempat ini?

1. Pemandangan Alam dan Balon Udara yang Menakjubkan

Cappadocia memiliki luas wilayah mencapai 5.000 kilometer persegi dan berada di ketinggian lebih dari 1.000 meter. Letaknya berada tepat di pusat Turki yang terbentang di antara tiga provinsi, yaitu Kayseri, Nevşehir, dan Niğde.

Dataran Cappadocia terbentuk karena erosi batuan vulkanik akibat letusan gunung api. Abu tebal yang menutup seluruh wilayah memadat menjadi batuan lunak yang disebut tuff.

Di Cappadocia, wisatawan dapat melihat pemandangan balon udara setiap harinya dalam jumlah yang banyak. Tak hanya itu, pengunjung juga berkesempatan merasakan pengalaman naik balon udara selama kurang lebih 90 menit untuk menikmati pemandangan indah dari ketinggan mencapai 40 meter.

2. Kota Bawah Tanah

Selain dapat menikmati keindahan alam dan balon udara setiap harinya. Hal unik lain yang bisa ditemukan di Cappadocia adalah kota bawah tanah. Kota bawah tanah yang berada di Cappadocia di antaranya yaitu Derinkuyu dan Özkonak.

 Menariknya, beberapa kota bawah tanah tersebut dihubugkan oleh terowongan dan terbuka untuk wisatawan.

3. Kastil Uchisar

Uchisar merupakan kastil tertinggi di Cappadocia. Kastil Uchisar terbentuk dari hamparan bebatuan yang menjulang tinggi. Karena merupakan kastil tertinggi, tak heran bila Uchisar sering disebut sebagai pintu menuju Cappadocia.

Hal menarik lainnya, saat berada di kastil ini wisatawan dapat menikmati matahari terbenam yang sangat indah.

4. Wisata Berkuda

Cappadocia juga terkenal sebagai The Land of Beautiful Horses. Karenanya setiap wisatawan yang datang dapat menikmati pengalaman menunggang kuda sembari menjelajah lembah indah.

5. Terdapat Hotel di Dalam Gua

Tak perlu pusing memikirkan tempat tinggal saat berkunjung ke Cappadocia, sebab kita dapat menginap di hotel gua yang menakjubkan.

Meski di dalam gua, hotel ini tetap memiliki fasilitas yang lengkap. Bahkan, beberapa hotel menyediakan konser musik yang sering diadakan pada malam hari, salah satunya Festival Musik Cappadocia yang menampilkan paduan suara dan orkestra.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani Sarassanti

Nazri Tsani Sarassanti