check it now

Cokelat ‘Si Manis’ Kaya Manfaat

Meski banyak anggapan cokelat dapat membuat gemuk dan menimbulkan jerawat. Namun, nyatanya si manis yang satu ini kaya manfaat bagi tubuh.

Daftar Isi Artikel

Bagi sebagian besar kaum hawa, cokelat mungkin menjadi makanan yang paling disukai sekaligus dihindari.

Maklum, ada anggapan makan cokelat bisa membuat badan gemuk dan kulit wajah berjerawat.

Namun, tampaknya anggapan itu akan gugur. Sebab selain terbukti mampu melawan penuaan dini serta mencerahkan kulit, cokelat juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan langsing.

Melangsingkan tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan University of Granada di Andalusia, Spanyol membuktikan bahwa cokelat memang dapat membuat tubuh menjadi lebih langsing.

Tim peneliti dari universitas tersebut menemukan fakta bahwa remaja di Eropa yang biasa makan cokelat ternyata memiliki Indeks Massa Tubuh (BMI) lebih rendah dan lingkar pinggang lebih ramping.

Peneliti tersebut mengamati gaya hidup 1.458 remaja yang berusia antara 12 hingga 17 tahun. Mereka yang menjadi objek penelitian ternyata gemar makan cokelat atau minum minuman yang mengandung cokelat.

Remaja yang biasa makan cokelat ternyata memiliki lemak tubuh rendah, terlepas apakah mereka berolahraga atau melakukan diet.

Meski demikian, hasil penelitian tadi tidak serta merta menyarankan untuk mengonsumsi cokelat sebanyak mungkin.

Sebab, cokelat yang bermanfaat adalah yang jumlahnya cukup, tidak berlebihan serta yang memiliki campuran gula rendah. Selain itu waktu makannya juga tidak sembarangan.

Dari penelitian lainnya oleh Profesor Daniela Jakubowicz dari Tel Aviv University, terungkap bahwa makan cokelat di pagi hari bisa membantu menurunkan berat badan.

Menurutnya, sarapan cokelat bisa menjaga metabolisme tubuh dan menjaga ekstra kalori selama beraktivitas seharian. Cokelat menjadi bagian dari sarapan 600 kalori seimbang.

Selain itu mengonsumsi cokelat di pagi hari juga bisa mempertahankan berat badan ideal dalam waktu lama. 

Menyehatkan badan

Meski mengandung kalori yang tinggi, cokelat juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti kesehatan jantung dan menjaga sirkulasi darah.

Cokelat bisa mencegah penyakit jantung karena mengandung beberapa bahan kimia yang membuat sistem kardiovaskular berjalan lancar, terutama cokelat hitam.

Mengonsumsi cokelat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kolesterol baik atau HDL.

Tak hanya itu, mengonsumsi cokelat pun diyakini dapat mengurangi stres. Hal tersebut karena cokelat mengandung serotonin yang merupakan anti depresan alami.

Menutrisi Kulit

Selain bisa melangsingkan dan menyehatkan badan, berkat kandungan anti oksidan dan flavonoid– nya, cokelat juga bisa menjadi senjata untuk melawan penuaan dini.

Karenanya, mengkonsumsi cokelat secara teratur dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah dan elastis.

Tak hanya dikonsumsi, cokelat pun bisa dijadikan bahan utama untuk membuat masker wajah.

Caranya juga gampang, cukup campurkan bubuk cokelat hitam dengan susu murni. Oleskan rata pada wajah kemudian pijat dengan lembut.

Diamkan beberapa saat kemudian bilas. Lakukan kegiatan ini minimal seminggu sekali, maka kerutan dan garis halus di wajah akan hilang. 

Di samping itu, cokelat juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam dan berminyak.

Caranya, campurkan bubuk cokelat hitam dengan kafein. Beri sedikit air dan aplikasikan pada wajah sembari dipijat perlahan. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani