check it now

Cegah Anak Kecanduan Gadget, Lemonilo Kenalkan Permainan Tradisional pada Si Kecil

Hadirkan wisata bermain anak melalui berbagai permainan tradisional, CHIMILAND akan hadir di Kota Tua, 12-13 November 2022

Daftar Isi Artikel

Perkembangan teknologi yang begitu pesat nyatanya membawa pengaruh besar bagi anak-anak. Salah satunya adalah kebiasaan tidak bisa lepas dari gadget. Maklum, sejak usia dini mereka sudah disuguhkan berbagai kemudahan dan kenyamanan melalui gadget. Alhasil, interaksi antara teman seusianya bahkan dengan orangtuanya menjadi berkurang.

Berangkat dari hal tersebut, Lemonilo menggelar CHIMILAND, sebuah acara yang menyajikan wisata bermain anak melalui beragam permainan tradisional asli Indonesia.

“Seiring perkembangan teknologi, permainan tradisional mulai ditinggalkan dan tergerus zaman. Anak-anak lebih asyik dengan gadget. Padahal, permainan tradisional dapat membuat anak lebih kreatif, berpikir strategis, serta membangun kerja sama tim sehingga tumbuh kembang anak lebih optimal,” ujar Tira Hardaning, Community Manager Lemonilo.

Acara CHIMILAND yang sebelumnya diselenggarakan pada 27-28 Agustus 2022 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat berhasil menarik lebih dari 10.000 pengunjung termasuk di dalamnya lebih dari ratusan keluarga.

“Kami melihat tingginya animo masyarakat, khususnya anak-anak untuk memainkan berbagai macam permainan tradisional seperti rangku alu, balap bakiak, dan lompat tali yang kami hadirkan di CHIMILAND sebelumnya. Karena itulah, Lemonilo ingin terus menghadirkan serta mengenalkan kembali permainan tradisional melalui CHIMILAND yang akan diselenggarakan di Kota Tua, Jakarta Barat pada 12-13 November 2022,” lanjut Tira.

CHIMILAND di Kota Tua akan menghadirkan sembilan macam permainan tradisional yang familiar dan mudah dimainkan oleh anak-anak, yaitu rangku alu, gasing, kapal otok-otok, engklek, lompat tali, congklak, petak umpet, petak jongkok, dan bola bekel. Selain itu anak-anak juga bisa ikut lomba mewarnai dan akan dihibur dengan dongeng sulap oleh Kak Mulana pada 12 November serta kreasi kardus oleh Bumi Kardus pada 13 November.

Lokasi permainan tradisional akan ada di sekitar Jalan Lada yang berlokasi di depan Museum Keramik dan di dekat Museum Sejarah Jakarta. Bagi anak-anak yang ingin mengikuti permainan tradisional, bisa langsung mendaftar ke petugas yang ada di tempat secara gratis.

Lemonilo juga bekerja sama dengan Jakarta Good Guide untuk mengejak pengunjung CHIMILAND berkeliling Kota Tua sembari mengenal sejarah di masa lalu dengan perangkat digital.

“Dalam satu hari walking tour akan dibagi menjadi tiga sesi. Jangan lupa untuk kenakan outfit yang nyaman dan siapkan camilan agar walking tour lebih asyik dan tidak terasa lelah ya,” Kata Indra, Chief Operational Officer Jakarta Good Guide.

Bagi yang ingin ikut walking tour di acara CHIMILAND bisa mendaftar terlebih dahulu melalui link bit.ly/daftarchimilandtour atau cek di Insatagram Lemonilo pada postingan yang disematkan.

“Kami berharap acara CHIMILAND ini dapat memperkenalkan gaya hidup aktif pada anak, meningkatkan kemampuan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya sekaligus membangun bonding keluarga.” Tutup Tira.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani Sarassanti

Nazri Tsani Sarassanti