Berlibur Tanpa Menguras Kantong, Yuk!

Berlibur Tanpa Menguras Kantong, Yuk!

Itulah mengapa sangat disarankan untuk menunda bepergian apalagi di tempat yang ramai bila tidak dalam keadaan mendesak.

Namun jangan sedih, Anda masih bisa melakukan kegiatan liburan yang seru dan pastinya tidak akan menguras kantong kok.

Tidak percaya? Coba saja lakukan beberapa ide liburan di bawah ini bersama keluarga atau si kecil!

1. Piknik

Piknik di halaman rumah juga bisa dijadikan pilihan liburan yang murah meriah bersama keluarga. Apabila luas halaman rumah tidak memungkinkan, Anda bisa beranjak ke taman di dekat rumah sebagai alternatif lainnya.

Buatlah jadwal pada hari libur atau weekend dan pastikan hari sedang cerah, siapkan alas, beberapa buku cerita atau mainan untuk si kecil serta makanan dan minuman dingin yang bisa dinikmati bersama.

Saat sedang piknik, Anda bisa mengajak si kecil berjalan-jalan untuk mengenal lingkungan sekelilingnya agar mereka dapat mengeksplorasi diri dengan berbagai hal sederhana yang ditemukannya. Yakin deh pasti banyak hal yang ditemukan dan menjadi pengetahuan baru untuk si kecil.

Selain itu, rutin melakukan kegiatan piknik juga dapat mempererat ikatan antar anggota keluarga, mulai dari suami dengan istri, anak dengan Bunda/Ayahnya, sampai ikatan antara sesama saudara; kakak dengan adik.

2. Berkemah

Meski berkemah selalu identik dengan kegiatan yang dilakukan di alam bebas, entah di gunung atau pantai. Tapi nyatanya, kegiatan yang satu ini juga tak kalah mengasyikkan meski hanya dilakukan di halaman rumah.

Selain murah meriah, keamanan anak-anak juga tetap bisa terjaga dan Anda pun bisa lebih menghemat tenaga.

Ya, pasalnya Anda hanya perlu menyiapkan tenda, karpet, serta beberapa makanan untuk dibakar dan dinikmati bersama. Alhasil suasana layaknya berkemah sungguhan dapat tercipta.

3. Berkebun

Menghabiskan waktu libur dengan berkebun juga tak kalah mengasyikkan lho. Bila halaman rumah tak cukup luas, berkebun bisa dilakukan dengan alat dan bahan sederhana yang tidak harus memakan banyak tempat seperti pot dari kaleng bekas.

Pilihlah tanaman yang mudah dirawat dan ajak si kecil untuk turut memperhatikan pertumbuhan tanaman yang ditanam.

Selain dapat mengajari si kecil untuk menghargai dan mencintai lingkungan, kegiatan berkebun juga diyakini dapat menurunkan stres serta mengasah kemampuan motorik anak.

4. Memasak bersama keluarga

Libur memang waktu yang tepat untuk mengajak si kecil terlibat dalam proses memasak. Ajak mereka untuk menentukan menu yang akan dimasak pada hari itu. Mulai dari berbelanja bahan yang dibutuhkan, hingga menyiapkan perlengkapan yang akan digunakan.

Libatkan selalu si kecil dengan memberinya tanggung jawab untuk melakukan hal-hal yang tergolong ringan seperti memetik dan mencuci sayuran yang akan dimasak, membantu memotong atau mengaduk masakan dan sebagainya hal tidak memberatkan mereka.

Selain memberikan pengalaman baru dan mengajarkan sifat tanggung jawab, mengajak si kecil memasak juga akan memberikan kebanggan tersendiri bagi mereka.

5. Membuat DIY

Menghabiskan waktu liburan dengan membuat kerajinan tangan juga merupakan ide liburan yang mengasyikkan sekaligus murah meriah. Selain bisa melatih kreativitas si kecil, membuat DIY bersama juga dapat memperkuat bonding antara orangtua dan anak.

Tak perlu membuat DIY yang sulit, Anda bisa menemaninya menggambar, membat bingkai atau tempat pensil sederhana, bunga dari plastik bekas atau mainan lainnya degan barang bekas yang ada di rumah.

6. Melakukan kegiatan sosial

Mengisi waktu libur dengan kegiatan yang bermanfaat bersama si kecil? Bisa banget kok!

Anda dan si kecil bisa melakukan berbagai kegiatan sosial; misalnya dengan mengunjungi panti jompo atau panti asuhan di dekat rumah. Di sana Anda dan si kecil bisa melakukan berbagai kegiatan menarik, seperti membuat cookies atau sandwich untuk kemudian dinikmati bersama.

Selain dapat menciptakan suasana yang hangat, melakukan kegiatan sosial seperti ini juga bisa membuat si kecil belajar untuk saling menghargai dan bersyukur dengan apa yang dimilikinya saat ini, serta berempati dengan orang lain.

7. Nostalgia permainan tradisional

Zaman dulu memang ada banyak permainan tradisional yang bisa dilakukan dengan waktu yang tak terbatas. Namun sayangnya, di zaman yang serba digital ini permaianan tersebut telah banyak ditinggalkan.

Nah, waktu libur ternyata dapat menjadi momen yang pas untuk memperkenalkan kembali berbagai macam permainan tradisional yang seru dan bisa memberikan banyak manfaat untuk sang buah hati lho.

Anda bisa mengajak si kecil untuk bermain kelereng, congklak, atau yang lainnya untuk melatih kesabaran.

Selain itu, permainan yang bersifat outdoor seperti bermain layangan dan engklek juga dapat menjadi pilihan yang tak kalah seru. Selain murah meriah, permainan tersebut juga bisa membuat saluruh anggota badan ikut bergerak.

8. Menonton film kesukaan keluarga

Memutar film di rumah juga bisa dijadikan pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Anda bisa mengatur ruang keluarga agar persis seperti suasana bioskop dengan pelengkap lainnya seperti popcorn atau keripik kentang.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, pastikan kalau film yang ditonton memang khusus untuk anak-anak, ya.

Bila dirasa masih kurang seru, Anda bisa kok meminta si kecil untuk mengajak teman-temannya datang ke rumah untuk menonton film bersama.

Yuk berbagi artikel ini
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Daftar Isi