check it now

Alasan Telur, Coklat, dan Kelinci Identikan Perayaan Paskah

Inilah alasan mengapa perayaan paskah selalu identik dengan telur, cokelat dan kelinci.

Daftar Isi Artikel

Selain menjadi momen yang tepat untuk beribadah, berdoa, dan mengenang pengorbanan Yesus, paskah yang pada tahun ini jatuh pada 4 April 2021 juga merupakan perayaan yang ditunggu-tunggu bagi anak-anak untuk mencari telur paskah.

Ya. Seperti yang kita tahu perayaan paskah selalu identik dengan telur, cokelat dan kelinci. Kira-kira apa ya alasannya?

Tradisi masyarakat Eropa

Telur, cokelat, dan kelinci yang sangat iconic pada perayaan paskah ini ternyata dimulai dari tradisi masyarakat di Eropa.

Pasalnya setiap tahunnya paskah selalu jatuh pada musim semi. Di mana musim semi selalu dirayakan dengan meriah dan penuh kegembiraan karena telah berhasil meninggalkan musim dingin.

Pada musim ini juga biasanya tumbuh-tumbuhan dan bunga mulai bermekaran dan suasana ini sangat tepat untuk membagikan keceriaan melalui hadiah.

Begitu pun dengan masyarakat Eropa yang biasa membagikan telur saat musim semi datang.

Mengapa harus telur?

Alasannya tak lain karena telur merupakan simbol akan adanya kehidupan dan melambangkan kebangkitan Yesus. Sementara cangkang telur menjadi simbol makam Yesus. Cangkang telur yang pecah melambangkan keluar/kebangkitan Yesus dari kematian dan menyongsong hidup baru.

Selain itu, alasan lainnya karena telur merupakan salah satu makanan yang menjadi pantangan selama masa prapaskah.

Para pemimpin gereja melarang memakan telur selama seminggu menjelang paskah atau yang disebut sebagai pekan suci.

Telur-telur itu kemudian didekorasi serta diberi hiasan untuk dijadikan hadiah kepada anak-anak di hari paskah.

Cokelat pada perayaan paskah

Selain telur, paskah juga identik dengan cokelat.

Cokelat telur muncul pertama kali di Jerman dan Prancis pada abad ke-19. Namun sayangnya dulu cokelat telur tersebut memiliki tekstur yang keras dan rasanya pahit. Berbeda dengan cokelat saat ini yang memiliki rasa manis dan lezat.

Selain itu, masyarakat Jerman juga biasa membagikan hadiah berupa cokelat kepada anak-anak. Karena itulah, lama kelamaan kebiasaan ini berubah menjadi tradisi paskah.

Kelinci paskah berasal dari legenda

Siapa yang sering bertanya mengapa harus kelinci yang menjadi simbol dari perayaan paskah? Apa ada makna tersendiri?

Ternyata, kelinci paskah ini berasal dari legenda di abad ke-19.

Di samping itu, kelinci melambangkan kesuburan dan kehidupan baru karena mampu berkembang biak melahirkan banyak anak dengan cepat.

Hal ini senada dengan makna paskah yang melambangkan kebangkitan atau kelahiran menjadi manusia baru karena telah diangkat dan dibebaskan dari dosa melalui peristiwa Yesus.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani

Nazri Tsani