check it now

5 Cara Mencegah Obesitas Pada Balita

Siapa yang tidak jatuh hati saat melihat anak dengan pipi chubby, badan dan lengan yang berisi? Wah rasanya ingin sekali memeluk atau mencubitnya. Memang, anak dengan tubuh yang berisi biasanya terlihat menggemaskan dan membuat orang-orang mudah menyukainya.

Tapi hati-hati lho jika terlalu berisi bisa jadi si kecil menderita obesitas. Ciri anak obesitas adalah bobot badannya lebih besar dibanding anak seusianya hingga melebihi batas normal, selain itu terdapat pula beberapa lipatan di perut dan leher yang terlihat pendek tertutup lemak.

Agar tubuh si kecil tetap ideal dan jauh dari kata obesitas, kita perlu melakukan sejumlah langkah pencegahan, yaitu:

  1. Pastikan balita makan sesuai porsinya. Ingat, si kecillah yang paling mengerti batas kenyangnya. Karena itu jangan menyediakan makanan secara berlebih dan memaksanya untuk menghabiskannya. Sebab kebiasaan seperti itu justru bisa menambah berat badannya.
  2. Batasi makanan dan minuman manis. Ganti camilan yang tinggi gula dengan buah potong. Patut diketahui, gula adalah salah satu penyebab utama obesitas.
  3. Usahakan untuk selalu menyediakan waktu bermain dengan si kecil. Fakta membuktikan jika anak akan lebih aktif bergerak bila bermain bersama orangtuanya. Daripada terus-terusan membiarkan anak menonton televisi atau bermain gadget, lebih baik ajak mereka untuk menari bersama, bermain bola atau hanya sekedar kejar-kejaran.
  4. Pantau durasi tidurnya. Kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor pemicu obesitas pada anak. Bahkan sebuah studi yang dilakukan British Nutrition Foundation mendapati bahwa anak yang kurang tidur juga lebih berpotensi terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2
  5. Jadilah contoh yang baik. Jika ingin si kecil menyukai sayur, maka orangtua harus memperlihatkan jika mereka juga sangat menyukai sayur. Bantu anak menerapkan pola hidup sehat dengan cara menjaukannya dari makanan olahan serta junk food.

 

Source: credit foto by  mymodern.com

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Abdi SBH

Abdi SBH