sumber: freepik
check it now

3 Hal yang Harus Dihindari si Kecil saat Musim Hujan

Pergantian musim memang harus selalu diwaspadai karena bisa menjadi momentum serangan berbagai penyakit. Bagaimana meningkatkan daya tahan si kecil?

Daftar Isi Artikel

Indonesia mulai masuk musim hujan setelah melewati kemarau yang panjang. Itu artinya, cuaca bisa berubah dengan ekstrim. Udara yang awalnya kering dan panas dalam sekejap bisa menjadi dingin dan berangin.  

Masa peralihan musim atau dikenal dengan pancaroba telah tiba.

Pada masa ini jugalah frekuensi orang sakit biasanya meningkat. Maklum, di musim pancaroba tubuh harus berusaha keras menyesuaikan diri dengan temperatur atau suhu sekitar yang relatif cepat berubah.

Akibatnya, imunitas tubuh seseorang dapat berkurang.

Di samping itu, suhu yang cepat berubah juga ikut memicu perkembangbiakan aneka virus dan bakteri.

Berbagai jenis penyakit mulai dari flu, diare, tifus, sampai demam berdarah bisa langsung mewabah.

Biasanya, bila dilihat dari segi usia, golongan yang paling rentan diserang penyakit adalah anak-anak, karena sistem kekebalan tubuh mereka belum terbentuk sempurna.

Baca juga: Optimalkan Imunitas Anak dengan Prebiotik

Mencegah si kecil sakit

Penyakit yang mewabah saat musim hujan bisa ditangkal apabila imunitas si kecil tinggi.

“Imunisasi wajib lengkap, beri makanan bergizi, dan biasakan melakukan kebiasan sehat,” ujar dr. Lusiana yang sehari-hari membuka praktik di RS Carolus Summarecon Serpong.

Anak-anak sebaiknya diajari memelihara kebersihan lingkungan, tidak jajan sembarangan, serta sering mencuci tangan guna menghindari terjadinya infeksi.

“Beri makanan yang mengandung protein tinggi serta vitamin C, antioksidan dan mineral,” tegasnya.

Lebih jauh, dr. Lusiana juga menyarankan bagi bayi di bawah 6 bulan untuk diberikan ASI eksklusif.

Sebab, berbagai penelitian membuktikan bahwa ASI adalah sumber kekebalan tubuh terbaik untuk bayi.

“Hal yang tidak kalah penting ialah anak harus cukup beraktivitas fisik dan cukup tidur,” tambahnya.

Dan bila memang diperlukan, orangtua bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memberikan vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuhnya.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Hal yang harus dihindari

Hindari menjenguk orang sakit

Hindari membawa anak-anak menjenguk orang sakit di musim hujan, apalagi yang dirawat di rumah sakit. Ingat, rumah sakit menjadi tempat orang sakit untuk berobat sekaligus berkumpulnya beragam kuman penyakit.

Jangan beraktivitas di luar rumah

Saat cuaca musim hujan tak bersahabat, pastikan si kecil aman dan hangat di dalam rumah. Bermain hujan masih bisa Bila terpaksa harus keluar, pastikan si kecil mengenakan pakaian yang hangat agar terlindungi dari hembusan angin kencang.

Jangan berikan air dingin

Minuman dingin bisa menurunkan daya tahan tubuh anak-anak, karena itu pilih minuman hangat atau minuman dengan suhu ruang. Jika ada, anak bisa minum larutan madu yang hangat.

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.