check it now

21 Drama Korea 2021 yang Paling Ditunggu

Varian tema drama Korea 2021 sungguh beragam. Mulai dari romantisme, sejarah-politik, sains fiksi, action, hingga genre per-zombie-an yang sepertinya sedang digemari di Negeri Ginseng.

Daftar Isi Artikel

Sekuel sejumlah drakor populer tahun lalu juga dipastikan akan meramaikan jadwal tayang drama Korea 2021, seperti Kingdom, Hospital Playlist, dan Penthouse.

Tak heran jika para pecinta drakor telah bersiap mengantisipasi kehadiran deretan drakor baru yang akan tayang tahun ini. Nama-nama aktor dan aktris beken dengan akting menjajikan menjadi salah satu alasan.

Aktris Korea rasa Hollywood Bae Doona, ratu rom-com Seo hyun-jin, Park Shin-ye, Jun Ji-hyun, hingga Kang So-hee siap menunjukkan akting yang menjanjikan.

Barisan bintang tampan Song Jong-ki, Gong Yo, Lee Min-ho, Jung Hae-in, hingga Kim Seon-ho yang naik daun karena Startup, dipastikan akan menyapa pemirsa tahun ini. Debut member Blackpink dan NCT juga meramaikan penantian para penggemarnya.

Apa saja?

Berikut 21 drama Korea 2021 yang sudah dipastikan tayang tahun ini.

Drama Korea 2021 Tayang Bulan Januari

1. Sunbae, Don’t Put on That Lipstick

Drakor romantis ini dibintangi member SF9, Rowoon yang sebelumnya populer lewat Extraordinary You, yang beradu akting dengan Won Jin A.

Drakor yang juga dikenal dengan judul She Would Never Know akan tayang mulai 18 Januari 2021 di JTBC.

Dalam drama ini, Rowoon berperan sebagai staf marketing perusahaan kosmetik bernama Chae Hyun Seung. Ia jatuh cinta kepada seniornya (sunbae), Yoon Song A (Won Jin A). Namun Yoon Song A menolak Hyun-seung yang lebih muda darinya.

Drakor bertema noona romance (pasangan dengan perempuan berusia lebih tua dibandingkan lelaki) sudah agak jarang tahun lalu. Kini, akankah kapal cinta mereka berlayar?

Drakor 2021 Tayang Bulan Februari

2. Ketangguhan Park Shin-hye dalam Sisyphus: The Myth

Drama misteri fantasi Sisyphus: The Myth ini menempatkan aktris Park Shin-hye (memerankan Kang Seo-hae) dan aktor Cho Seung-woo (memerankan Han Tae-sool) sebagai dua tokoh utama.

Park Shin-hye memerankan pengawal pribadi yang garang. (Foto: SALT Entertainment)

Shin-hye yang akhir-akhir ini banyak memilih project-project non romantis, kembali menunjukkan aksi bela diri perempuan jagoan.

Sedangkan Seung-woo sebelumnya dikenal sebagai jaksa Mok yang ikonik dalam Stranger yang tayang dua session.

Drakor ini berfokus pada kehidupan Han Tae-sool, insinyur jenius pendiri perusahaan Quantum dan Time. Ia dikenal sebagai yang terhebat di antara para ahli dalam coding, sebuah ‘keajaiban’ dalam dunia teknik Korea.

Suatu hari ia menemukan kebenaran dari kematian saudaranya, 10 tahun silam. Titik ini mengantarkan Tae-sool pada perjalanan berbahaya untuk mengungkap misteri kematian masa lalu. Ia dilindungi oleh pengawal garang Seo-hae, perempuan jago bela diri yang punya karakter unik.

Sisyphus: The Myth disutradarai oleh Jin Hyeok yang sebelumnya pernah menggaralp sejumlah drakor hits, seperti The Master’s Sun, City Hunter, The Legend of the Blue Sea, Doctor Stranger, dan Brilliant Legacy.

Drakor Sisyphus: The Myth akan tayang di JTBC pada Februari 2021, menggantikan drakor Run On.

3. Hello? It’s Me

Dijadwalkan tayang awal Februari 2021, drama ini mengusung genre komedi romantis bernuansa fantasi.

Drama ini menceritakan perempuan berusia 37 tahun yang tidak bersemangat dan antusias terhadap percintaan, pekerjaan dan mimpi.

Hingga pada suatu hari ia dikunjungi dirinya versi 17 tahun (Lee Re) yang masih bersemangat mengejar mimpi. Drama ini merupakan hasil adaptasi novel Fantastic Girl (2011) karya Kim Hye-jung.

4. Eks transgender hadir di Times

Drama bergenre misteri politik ini juga bernuansa time travel, menceritakan kisah Seo Jung-in (Lee Joo Young) terhubung dengan Lee Jin-wo (Lee Seo Jin) yang berasal dari lima tahun yang lalu melalui panggilan telepon.

Aktris Lee Jo-young. (Foto: OCN)

Lee Jo-young pertama kali menarik perhatian publik lewat karakter transgender di Itaewon Class. Kini ia memerankan Seo Jung -in, reporter yang hidup di tahun 2020.

Ia terhubung secara ajaib dengan Lee Jin-woo, reporter yang bekerja di harian ‘The Times’ pada tahun 2015. Ia pun kemudian berusaha mengungkap misteri kematian ayahnya.

Stasiun TV OCN yang selama ini dikenal sebagai spesialis misteri-detektif-action, seolah menawarkan gabungan drama detektif terkenal Signal dan Kairos.

Cocok untuk penyuka drakor ‘no menye-menye’.

5. The Penthouse Season 2

Drama makjang yang satu ini kerap disebut obat darah rendah karena plot dan kisahnya bikin naik pitam.

Sukses mencatatkan rating tinggi akhir 2020, musim ke-2 serial ini sudah dijawalkan akan tayang 19 Februari 2021.

Kisah The Penthouse berawal dari permasalahan seputar pendidikan di Korea serta real estat yang dialami tiga karakter utama, yaitu Shim Su-ryeon, Cheon Seo-jin, dan Oh Yoon-hee.

6. Debut Rapper NCT di Dear M

Drakor ini menjadi debut akting penyanyi dan rapper grup idol NCT, Jung Jae-hyun sehingga ditunggu-tunggu para penggemarnya.

Dear M berkisah empat mahasiswa dari jurusan studi yang berbeda, namun punya misi sama: mencari sosok M yang telah menulis dan mengubah situs web universitas.

Empat mahasiswa itu ialah Ma Joo A (Park Hye Soo), Cha Min Ho (Jae Hyun), Seo Ji Min (Roh Jeong Eui), dan Park Ha Neul (Bae Hyun Sung).

Dear M akan tayang di KBS2, mulai 26 Februari 2021, biasanya bisa ditonton di saluran streaming legal Viu.

Drakor 2021 Tayang Bulan Maret

7. Oh! Master

Aktor Lee Min-ki akan beradu peran dengan Nana, member idol group After School yang sudah sering wira-wiri di layar kaca.

Oh! Master mengusung genre komedi romantis yang bercerita tentang kehidupan penulis skenario drama thriller HanBi-soo (diperankan Min-ki) yang memilih untuk tidak berpacaran.

Dia kemudian bertemu Oh Ju In (Nana), aktris ratu drama komedi romantis yang ‘tak bisa’ berpacaran. Kedua orang ini malah hidup bersama dan di sinilah kekacauan itu muncul. 

Oh! Master disutradarai Hyun Sol-ip, perempuan yang sukses menggarap mini drama romantis You Drive Me Crazy (2018).

Drama Korea lainnya tayang 2021

8. Jisoo Blackpink debut di Snowdrop

Raja bucin Jung Hae-in bakal adu akting bersama Jisoo, salah satu member girl idol beken Blackpink. Jung Hae-in selama ini dikenal sebagai aktor speasialis protagonis yang sincere dan penuh cinta. Kali ini, ia akan memerankan karakter Im Soo-ho.

Kisah Snowdrop berlatar Seoul tahun 1987, berdasarkan catatan pria yang melarikan diri dari kamp penjara di Korea Utara.

Adegan dibuka dengan Im Soo-ho yang berlumuran darah masuk ke asrama perempuan. Ia kepergok Eun Yong-Choo (diperankan Jisoo) yang kemudian membantunya.

Selain para pemainnya, Snowdrop juga dinanti karena digarap sutradara Jo Hyun-tak yang sukses menggarap drama Sky Castle (2018). Dua tokoh utama lain ialah Kim Hye-yoon yang makin melejit berkat The Extraordinary You (2019) dan Jang Seung Jo yang paling dikenal lewat Money Flower (2017).

Sejak nama pemeran dan bocoran sinopsis drama Korea 2021 ini dirilis JTBC, publik bereaksi cepat. Ada yang mengkhawatirkan ketegangan politik Korea Selatan dan Korea Utara. Ada juga yang mengobarkan comment war menilai Jisoo tak akan sanggup berperan baik dalam debutnya sebagai aktris, atau Hae-in kurang pantas jadi tokoh utama.

Kita tunggu saja, apakah drakor romantis Snowdrop bakal banyak diperbincangkan seperti Crash Landing On You yang juga mengekspos Korea Utara?

Snowdrop diperkirakan tayang sekitar Mei 2020

9. Sassy Girl dalam Mount Jiri (Cliffhanger)

Berlatar belakang kisah dua penjaga hutan, drakor Mount Jiri ini memperlihatkan pesona hutan pegunungan Jiri yang menjulang tinggi. Aktor Ju Ji-hoon yang makin meroket lewat Kingdom, akan memainkan peran utama Kang Hyun-jo, seorang lulusan akademi militer yang misterius.

Ia akan beradu peran dengan Jun Ji-hyun yang sangat dikenal lewat film My Sassy Girl. Ji-hyun memerankan Seo Yi-gang, penjaga hutan berpengalaman yang dapat melacak pejalan kaki hanya dari daun atau rumput.

Selain mereka berdua, ada aktor senior Sung Dong-il yang kerap malang melintang di drakor populer seperti Reply series, dan Oh Jung-se (pemeran kakak autis dalam drakor It’s Okay Not To Be Okay).

Di balik layar, ada sutradara Lee Eung-bok yang baru saja sukses dengan Sweet Home (2020). Dialah nama dibalik drama hits Goblin, Descendant of The Sun, hingga Mr Sunshine.

Sedangkan penulis skenario Kim Eun-hee dikenal andal dalam drama misteri, antara lain Signal (2016) dan Kingdom session 1 dan 2.

Penasaran?

10. Persahabatan dokter usia 40-an, Hospital Playlist Season 2

Siapa yang sudah kangen persahabatan lima dokter yang dekat sejak kuliah ini? Atau ada yang menanti bagaimana kelanjutan romansa dokter bedah anak Ahn Jeong-won dan dokter residen Jang Gyeo-wool?

Drakor populer tahun lalu ini bergenre slice of life, yang banyak memuat kisah kehidupan sehari-hari warga Seoul. Sutradara Shin Won-ho tengah bersiap memulai syuting akhir Januari ini.

Hospital Playlist direncanakan tayang April 2021, menjadi drama Korea 2021 yang sudah diramaikan dengan sejumlah rumor terkait para bintang tamu.

11. Gong Yo hadir di The Silent Sea

Bagaiman jika aktor dan aktris penuh kharisma disatukan dalam sebuah drama Korea 2021 ini?

The Silent Sea menghadirkan aktor Gong Yo dan aktris Bae Doona dalam kisah drama sci-fi thriller yang berlatar belakang masa depan ketika permukaan bumi telah menjadi gurun.

Gong Yo akan memerankan Han Yun-jae, pemimpin tim eksplorasi yang harus menjalani misi penting demi mengamankan sampel penelitian yang diamankan di bulan.

Berbekal informasi yang sangat terbatas, Yun-jae sangat mengutamakan keselamatan anggota timnya meski membawa dirinya dalam bahaya.

Sedangkan Bae Doona memerankan karakter Song Ji-an, seorang ahli astrobiologi yang bertekad untuk mengungkap kebenaran di balik kecelakaan yang terjadi pada pusat penelitian Balhae Base yang sudah lama ditinggalkan di bulan.

The Silent Sea akan menjadi drama comeback Gong Yo setelah Goblin (2016), bakal tayang di Netflix.

12. Song Kang kembali di Love Alarm Season 2

Diadaptasi dari kisah Webtoon karya Cho Kye-young, Love Alarm bercerita tentang aplikasi yang bisa memberi tahu apabila ada orang menyukai diri kita dalam radius 10 meter. Namun aplikasi ini tidak menunjukkan identitas orang tersebut.

Pertama kali tayang di Netflix pada 22 Agustus 2019, Love Alarm menarik penonton karena cinta segitiga para pemeran utama, Song Kang, Kim Jo-jo dan Jung Garam.

Ending season 1 yang membuat penasaran, akan segera terjawab. Siapa yang kelak bersama, atau malah semua karakter dibiarkan jomblo?

13.Aksi action Lee Seung-gi dalam Mouse

Drama Korea 2021 yang satu ini membawakan genre action dengan menempatkan aktor Lee Seung-gi sebagai pemeran utama.

Aksi action Seung-gi yang juga populer lewat variety show ini terakhir kali dapat ditonton dalam drakor mahal Vagabond (2019)

Mouse menceritakan Jung Ba-reum (Lee Seung-gi), seorang perwira polisi pemula yang hidupnya menjadi rumit ketika dia bertemu dengan seorang pembunuh berantai psikopat yang kejam.

14. Lee Min-ho tampil di Pachinko

Pachinko merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Min Jin Lee, yang masuk dalam daftar 10 Buku Terbaik 2017 versi New York Times.

Kisah drama yang direncanakan tayang dalam 8 episode ini berfokus pada harapan dan impian generasi keempat keluarga imigran Korea. Cerita dimulai dengan kisah cinta terlarang yang kemudian melebar ke cerita peperangan dan perdamaian antara Jepang dan Amerika Serikat.

Pachinko adalah tentang, cinta dan kehilangan, serta kemenangan dan pembalasan dendam.

Nama besar Lee Min-ho yang memiliki visual menarik masih menjadi magnet kuat drama Pachinko yang akan tayang 2021 di Apple TV.

Syuting di sejumlah benua dengan aktor dan aktris internasional membuat budget drama ini melejit hingga sekitar Rp1.9 triliun. Semoga proyek termahal Apple TV ini tak mengecewakan!

15. Eks Pelakor di Undercover

Melejit sebagai pelakor The World of the Married yang dibenci publik, Han So-hee akan kembali tahun ini sebagai tokoh utama drama misteri Undercover.

So-hee akan berperan sebagai Yoon Ji-woo, anggota kelompok kejahatan terorganisir yang menyamar sebagai petugas polisi dan menyimpan dendam dingin di hatinya. 

16. Kisah BTS dalam Youth

Dominasi BTS dalam dunia hiburan mendorong agensinya, Big Hit Entertainment Co, membuat kisah boy grup tersebut dalam Youth, drama Korea 2021.

Drama ini akan mengikuti kehidupan 7 anggota BTS dari masa sekolah mereka hingga debut resmi mereka. Meskipun karakternya akan memiliki nama yang sama dengan anggota BTS, mereka akan digambarkan dengan narasi fiksi.

Sumber: Itkawai.com

Aktor pendatang baru seperti Seo Ji-hoon, Ahn Ji-ho, Jung Woo-jin, Noh Jong-hyun, Seo Young-joo, Jeon Jin-seo, dan Kim Yoon-woo telah berperan dalam peran utama.

Jeon Jin-seo sebelumnya sempat mencuri perhatian lewat aktingnya dalam drama makjang The World of the Married.

17. Kapten pasukan khusus di Vicenzo

Gandeng aktor populer Song Joong-ki yang sempat ngehits sebagai kapten Yoo dalam Descendant of The Sun, drama Korea ini mengisahkan usaha pengacara dan mafia untuk menyingkirkan penjahat yang tidak tersentuh hukum.

Joong-ki akan berperan sebagai Vincenzo Cassano, pengacara sekaligus mafia dari Italia yang bermasalah dengan organisasinya dan memilih pulang ke Korea Selatan.

18. Ratu rom-com Seo Hyun-jin dalam You Are my Spring

“You Are My Spring” dideskripsikan sebagai drama Korea 2021 bergenre healing-romance (seperti It’s Okay To Be Not Okay) yang bercerita tentang orang-orang yang tinggal di sebuah gedung tempat terjadinya kasus pembunuhan.

Para tokoh ini menjalani kehidupan dewasa mereka dengan diri yang berusia tujuh tahun di dalam hati.

Aktris Seo Hyun-jin berperan sebagai Kang Da-jung, seorang manajer pramutamu hotel yang pindah ke gedung itu untuk mengawali hidup baru. Namun akhirnya Da-jung menghadapi masa kecilnya saa terlibat dengan Joo Young-do dan kasus pembunuhan.

Young-do diperankan Kim Dong-wook adalah seorang psikiater yang cerdas dan membantu orang lain mengatasi pergumulan emosional mereka. Namun, dia sendiri menjalani seluruh hidupnya tanpa disembuhkan karena luka emosionalnya.

19. Legenda Gumiho di drakor A Falling Cohabitation

Gumiho alias serigala berekor sembilan yang merupakan kisah legenda khas Korea Selatan lagi-lagi diangkat ke layar kaca. Tahun lalu, kisah gumiho hadir dalam drakor Tale of The Nine Tailed

Kali ini, aktor Jang Ki-yong yang kerap memainkan ragam peran (dari mahasiswa tampan hingga pembunuh bayaran) akan berperan sebagai gumiho.

Ia akan beradu akting dengan Hyeri Girl’s Day, yang memerankan seorang mahasiswi bernama Lee Dam.

Drama Korea 2021 ini sendiri merupakan adaptasi kisah webtoon karya Na dengan judul yang sama.

20. Aktor Film Parasite dalam Mr Robin

Drama medis Mr Robin bernuansa misteri -horor, diperankan oleh Lee Kyun-sun yang juga ambil peran dalam film peraih Oscar Parasite, dan aktris Lee Yoo-young.

Kyun-sun akan memerankan dokter jenius yang bekerja membedah otak orang mati, apa saja yang akan ia temukan?

Drama Mr.Robinson merupakan adaptasi webtoon dengan judul Dr Brain, dan merupakan project Apple TV yang tampaknya serius menggarap pasar Korea Selatan.

Lee Sun-kyun terakhir kali tampil di drama Diary of Prosecutor (2019) namun paling diingat atas aktingnya bersama IU pada drama My Mister (My Ahjussi -2018).

21. D.P, drama Korea 2021 bergenre politik-militer

Original series Netflix Korea ini menghadirkan drama yang dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Jung Hae In yang produktif tahun ini, Koo Kyo Hwan, Kim Sung Kyun dan Son Suk Ku.

D.P merupakan singkatan dari Deserter Pursuit, sebuah unit dalam Angkatan Darat yang melacak para tentara yang mangkir dari kewajibannya. Kisah ini berfokus pada seorang tentara yang secara tiba-tiba ditugaskan untuk menangkap para desertir militer, dan terjebak dalam situasi yang sangat rumit.

Serial hasil adaptasi dari komik webtoon karya Kim Bo Tong yang berhasil meraih sepuluh juta pembaca di Korea ini memperlihatkan berbagai isu dalam kehidupan militer secara mendalam.

D.P disutradarai Han Jun Hee yang sebelumnya sukses dengan debut film Coin Locker Girl, yang terpilih untuk tayang di bagian International Critics’ Week pada ajang 68th Cannes Film Festival tahun 2015. (*/Sic)

Baca juga:
12 Drakor Terbaik 2020 untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.