check it now

12 Ide Kado Natal untuk Balita

Sudah tradisi nih!

Daftar Isi Artikel

Natal tahun ini mungkin akan dirayakan berbeda, tak bisa bersama keluarga besar. Namun, tradisi saling memberi kado natal bisa terus dilanjutkan.

Apalagi, anak-anak suka dengan konsep kado natal.

Kalau masih bingung, berikut 12 ide kado natal untuk balita yang bisa jadi pilihan. Ide ke -12 yang paling menantang, namun bisa jadi inilah yang paling meninggalkan kesan.

1. Buku cerita

Foto: Istimewa

Kado buku cerita menarik akan selalu menjadi kado natal yang klasik. Pilih buku cerita yang sesuai ketertarikan si kecil, bisa buku Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris.

Banyak buku cerita klasik bergambar yang cocok untuk balita. Bunda bisa pilih buku klasik yang mengajarkan tentang makanan bila ingin menanamkan konsep mengenal makanan sehat. Atau memberi kisah-kisah yang menumbuhkan empati sekaligus imajinasi.

Pilih buku hardcover agar lebih awet namun tidak terlalu berat dibawa oleh anak 4-5 tahun.

2. Perangkat seni

Koleksi warna cat air ataupun krayon lengkap dengan kertas gambar besar atau kertas pola, akan memudahkan balita mengekspresikan bakat visualnya. Pilihan lain, sediakan cat untuk melukis batu atau meggambar di atas kain. Bisa juga cat untuk lukis wajah.

Bunda juga bisa memberi tepung clay atau lilin mainan untuk menyemangati balita membuat karya seni.

Pilihan lain ialah memberikan alat musik sesuai minat balita. Mini orgen, pianika, perangkat drum mini, bahkan piano bisa jadi kado natal terindah bagi balita penyuka seni musik.

Bagi pecinta lego, tentu saja hadiah perangkat lego koleksi terbaru akan menjadi kado natal yang indah.

Atau barangkali, rok tutu cantik agar si kecil semangat berlatih balet?

3. Alat eksperimen sains

Foto: Gabby KPexels

Saat ini sudah banyak dijual perangkat eksperimen sains kecil-kecilan yang aman dan mudah dilakukan di rumah. Misalnya mikroskop mini, atau perangkat permainan detektif yang terdiri dari kaca pembesar hingga kertas pembaca sidik jari.

Bisa juga memberikan kado pot dan bibit tanaman, atau bisa saja menyiapkan perangkat untuk anak membuat mainan calm-down jar-nya atau slime sendiri.

4. Alat olahraga

Bola, alat permainan golf mini, hulahop, sepeda, hingga pakaian karate bisa menjadi ide kado yang seru! Apalagi jika si kecil termasuk anak kinestetik yang butuh banyak bergerak.

Lakukan olahraga bersama agar bonding orang tua dan anak makin kuat!

5. Tenda mainan

Tenda berbentuk menarik bisa menjadi kado natal tak terlupakan untuk balita. Tenda ini bisa dipasang di halaman rumah saat malam pergantian tahun, sambil membuat api unggun kecil bersama keluarga.

Tenda mungil ini juga bisa digunakan di ruangan mainan, sekadar memberi ‘wilayah kekuasaan’ bagi balita.

6. Lampu tidur

Banyak anak yang mulai tidur di kamar sendiri pada usia 5 tahun. Karena itu, lampu tidur lucu bisa menjadi pilihan kado natal untuk balita yang mulai tidur sendiri terpisah dari orang tua.

Selain lampu tidur, kotak musik klasik dan selimut juga bisa jadi alternatif kado natal bagi balita.

7. Jas hujan

Akhir tahun dipenuhi hari-hari dengan curah hujan tinggi. Berikan jas hujan dan sepatu boot dengan warna-warna cerah agar si kecil tetap hangat meski beraktivitas di bawah hujan.

8. Kolam renang plastik

Kolam renang plastik tak pernah membuat balita merengut. Saat musim kemarau, kolam renang ini bisa memberi kesegaran dan tawa riang saat berendam dan bermain air.

Jika hari hujan, kolam renang plastik bisa ditempatkan di dalam rumah lalu isi dengan bola. Banyak permainan yang bisa diciptakan dengan perangkat ini. Salah satunya, adu cepat untuk mencari dan mengumpulkan bola dengan warna tertentu.

9. Tempat penyimpanan

Foto: Lamley Group

Koleksi mobil-mobilan si kecil sudah mulai berantakan? Bagaimana jika memberi kado natal berupa mainan mobil dan kotak penyimpanan yang terbuat dari material kayu atau plastik arkrilik?

Selain lebih indah dipandang, kita bisa mengajarkan si kecil untuk lebih menghargai dan mengapresiasi mainan miliknya.

Ide kado natal ini juga bisa diterapkan untuk anak perempuan yang suka mengoleksi jepitan atau printilan aksesoris lainnya.

10. Alat masak untuk anak

Banyak alat masak khusus untuk anak yang aman dan menyenangkan. Misalnya, alat pembuat es krim yang bekerja dengan cara dikocok.

Ada juga Gourment Kitchen Appliances. Perangkat ini terdiri dari blender, microwave, dan mixer yang bisa menyala dengan bantuan baterai sehingga bisa menggunakan materi sungguhan seperti tepung dan air.

11. Board game, Uno, dan Puzzle

Berbagai permainan papan yang klasik, seperti ular tangga bisa dimainkan balita bersama keluarga. Ada juga papan permainan semacam monopoli yang bertema kekayaan budaya Indonesia.

Pilihan lain Uno Stacko, ada yang terbuat dari plastik, dan ada yang dari kayu. Permainan ini bakal seru banget dimainkan bersama keluarga!

Selain itu, bisa juga menghadiahi puzzle tokoh kesukaan si kecil. Kegiatan ini bisa sekalian melatih kemampuan motorik halus si kecil.

Baca juga:
Boardgame asal Indonesia Mulai Mendunia!

12. Kupon bonding

Kado natal yang satu ini membutuhkan sedikit kreativitas ayah dan bunda. Konsepnya ialah memberi kupon hadiah yang bisa digunakan si kecil dan tak boleh ditolak ayah dan bunda. Beri aturan jeda, bahwa setiap kupon hanya bisa digunakan 1 minggu atau bahkan 1 bulan sekali.

Lalu ayah dan bunda bisa membuat kupon tersebut semenarik mungkin, dan dicetak. Misalnya, buatlah 12 kupon yang bertuliskan macam-macam hadiah seperti “Beli mainan dan makan es krim bersama bunda”, atau “Dibacakan 3 dongeng sekaligus oleh ayah” dan sejenisnya.

Menarik kan? (*/Sic)

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Redaksi

Redaksi

Media Sang Buah Hati menawarkan perspektif keluarga modern dalam publikasi free magazine dua bulanan dan website. Setiap tahun, SBH juga menyelenggarakan Pemilihan Model Cover dan SBH Berbakat sebagai wadah ekspresi serta bakat anak-anak.