check it now

10 Ide Bahan Makanan yang Aman untuk Sensory Play Si Kecil

Begitu banyak bahan makanan yang aman dan dapat digunakan untuk aktivitas sensory play si kecil. So, Bunda tak perlu khawatir lagi ya!

Daftar Isi Artikel

Sensory play merupakan permainan yang bertujuan untuk menstimulasi seluruh panca indra si kecil dan mengoptimalkan perkembangan dan kinerja otak anak dalam mengamati, menjelajah dan mempelajari bagaimana suatu hal bekerja.

Dilansir dari Goodstart Early Learning, tak sedikit orang tua yang khawatir ketika anak bereksplorasi dengan permainan sensori bahwa media permainan ini akan dimakan oleh anak. Terlebih saat anak berada di fase teething atau senang memasukkan benda ke mulutnya. Itu sebabnya, penting untuk orang tua memilih bahan yang aman saat si kecil sedang melakukan sensory play. Misalnya bahan makanan.

Saat ini, banyak bahan makanan yang bisa digunakan untuk membuat sensory play. Misalnya seperti beberapa bahan makanan yang telah Sang Buah Hati rangkum di bawah ini :

1. Pasta dan Mie

Menggunakan pasta atau mie sebagai media untuk sensory play dapat menjadi ide yang cukup menarik. Orang tua dapat memilih pasta dengan aneka bentuk mulai dari spiral, kerang, makaroni, hingga spaghetti atau mie.

Orang tua bisa berikan dengan cara merebusnya dan diberi pewarna untuk memperkenalkan tekstur lembut atau diberikan langsung agar si kecil mengenal tekstur padat. Ajari mereka untuk memindahkan pasta dari satu wadah ke wadah lainnya.

2. Dough

Dough atau adonan juga bisa dijadikan sebagai media sensory play untuk anak usia 1-3 tahun.

Sensory play dengan dough dapat merangsang kemampuan motorik halus dan imajinasi anak untuk membentuk, memotong atau menekan-nekan adonan saat bermain.

Buatlah dough dengan beberapa warna menarik sehingga si kecil jadi lebih semangat bermain.

3. Agar-agar

Agar-agar adalah bahan makanan yang memiliki tekstur berbeda dari makanan lainnya. Lembek dan mudah hancur sehingga agak geli saat dipegang. Karenanya, tak sedikit anak yang mengalami masalah sensori ketika memegang agar-agar.

Supaya anak lebih tertarik memainkannya, orang tua bisa mengubur mainan di dalam agar-agar dan ajak mereka untuk menghancurkan lalu selamatkan mainannya.

4. Beras

Banyak ide sensory play yang bisa dilakukan dengan beras. Karena teksturnya yang padat dan kecil, orang tua bisa mengajak anak memindahkan beras dengan sendok dari satu wadah ke wadah lainnya atau mencari mainan yang disembunyikan dalam beras.

Beras dengan bentuk kecil-kecil ini dapat memberikan sensasi seperti bermain di pasir. Jadi, orang tua bisa tambahkan dengan pewarna makanan yang aman agar si kecil dapat sekaligus belajar menganal berbagai warna.

5. Kacang-kacangan

Sama halnya dengan beras, biji-bijian juga bisa dijadikan ide sensory play yang dijamin akan membuat anak ketagihan bermain!

Ajarkan anak untuk memindahkan biji dari satu wadah ke wadah lainnya dengan tangan. Kemudian apabila mereka sudah mahir, naikkan levelnya dengan menggunakan alat makan seperti sendok.

Karena bentuknya yang bundar dan kecil, orang tua harus ekstra mengawasi anak kalau-kalau mereka memasukkan biji tersebut ke mulut, hidung atau telinganya.

6. Potongan Buah

Ide sensory play juga bisa digunakan untuk si kecil yang tidak suka makan buah, lho!

Sambil bermain, orang tua dapat mengenalkan berbagai bentuk, warna, tekstur, dan rasa buah kepada anak. Pilihlah jenis buah-buahan dengan tekstur lembut dan empuk seperti pepaya, semangka, atau buah naga.

Dengan menggunakan potongan buah, orang tua jadi tak perlu khawatir saat si kecil memakannya.

7. Tepung

Tepung bisa jadi bahan makanan untuk sensory play yang menyenangkan dan pasti disukai semua usia. Pasalnya tepung ini bisa jadi alternatif untuk si kecil yang suka main di tanah atau pasir karena lebih aman.

Orang tua bisa kreasikan tepung ini menjadi berbagai jenis permainan yang menarik seperti membuat adonan berwarna, membuat moon sand hingga belajar sains, lho.

8. Air dan Es Batu

Anak mana sih yang tidak suka bermain air?

Selain main basah-basahan, air juga bisa dijadikan media untuk mengenalkan konsep kering dan basah atau panas dan dingin.

Caranya siapkan dua wadah yang diisi air dengan suhu berbeda. Satu wadah diisi dengan air dingin, dan satu wadah lainnya diisi dengan air hangat. Mintalah anak untuk mencelupkan tangannya dan beri tahu letak perbedannya.

Selain air, es batu juga bisa jadi media sensory play yang tak kalah menyenangkan. Orang tua bisa memberikan pewarna makanan pada es batu kemudian mengajak anak melukis dengan es batu tersebut.

9. Sereal

Sereal juga bisa jadi media sensory play lainnya yang aman dikonsumsi.

Karena sereal memiliki banyak bentuk dan warna yang berbeda, alhasil orang tua dapat lebih mudah untuk mengenalkan berbagai warna dan bentuk tersebut pada si kecil.

10. Biskuit

Tak jauh berbeda dengan sereal, biskuit pun memiliki banyak bentuk dan warna yang bisa dijadikan media tepat untuk sensory play. Bedanya, biskuit memiliki ukuran yang lebih besar dari sereal sehingga dapat melatih kemampuan anak untuk menggenggam.

Nah, itu dia beberapa bahan makanan yang aman digunakan untuk sensory play si kecil. Kalau Sahabat SBH lebih sering pakai bahan yang mana?

Let's share

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on email
Nazri Tsani Sarassanti

Nazri Tsani Sarassanti