pendapat ku

Apa Yang Ayah

& Bunda Lakukan Jika

Si Kecil Ngambek Karena Permintaannya Tidak Dituruti?

Alihkan Perhatian

Ketika Cila, anakku ngambek, biasanya aku peluk atau gendong sebagai respon cepat untuk mencegah dia semakin tantrum. Lalu aku akan memberinya pengertian sambil mengalihkan perhatiannya pada hal lain yang lebih menarik. Misalnya menirukan suara kucing sambil bercerita. Karena dia memang suka sekali dengan kucing, maka biasanya perhatiannya langsung teralih dan tangisannya pun langsung berhenti.

Alihkan Perhatian

Deby Rattania -Kudus, Jateng

deby

Tatap Matanya

Jika anak ngambek saat keinginannya tidak terpenuhi, cobalah untuk menatap matanya dan katakan dengan tegas bahwa tidak semua yang dia inginkan bisa dipenuhi saat itu juga. Ada saat yang tepat untuk memenuhi keinginannya, dan berjanjilah jika sudah tiba saatnya, maka orangtua akan memberikan apa yang anak inginkan. Tapi ingat ya, jangan sekedar janji, sebab anak akan selalu ingat dan menagih apa yang sudah dijanjikan oleh orangtuanya. Setelah itu, peluk anak erat-erat dan katakan bahwa kita sayang pada mereka.

Tatap Matanya

Dina Septi Restiana -Jambi

dina

Ajak Diskusi & Jangan Acuhkan Keinginan Anak

Anakku Alma sekarang usianya 4 tahun. Ketika dia ngambek karena permintaannya tidak dituruti, yang pertama aku lakukan adalah mencoba tetap tenang dan tidak tersulut emosi. Selanjutnya aku akan alihkan perhatiannya ke hal lain yang dia sukai. Contoh : Ketika kami sedang berjalan-jalan kemudian dia ngambek minta dibelikan mainan yang menurutku tidak perlu, maka untuk mengalihkan perhatiannya aku akan mengajaknya mencari es krim kesukaannya. Nanti sembari makan es krim baru aku beri pengertian sambil berdiskusi, kenapa mainan itu tidak boleh di beli. Yang penting usahakan untuk tidak membohongi anak, pura-pura lupa apalagi mengacuhkan keinginan anak tadi. Lebih baik ajak diskusi dan beri alasan yang realistis dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak.

Ajak Diskusi & Jangan Acuhkan Keinginan Anak

Etty Satal -Bogor

etty

Diamkan Dulu

Kalau saya menghadapinya dengan mendiamkannya dulu sebentar. Setelah itu si kecil akan saya ajak bicara dan akan saya jelaskan apa alasannya sehingga melarangnya. Alasannya harus yang rasional dan mudah dipahami anak ya. Terkadang saya juga memberikan contoh dari keadaan sekitar.  Alhamdulillah, biasanya anak saya mengerti.  Malah sekarang anak saya suka menasehati temannya lho, kalau ada yang lagi ngambek.

Diamkan Dulu

Fathimah Syahab -Palembang

fat

Konsisten

Saya ibu dari 1 anak berusia 3 tahun. Dalam mendidik anak, saya termasuk orangtua yang tegas dan tidak sembarangan mengikuti kemauan anak. Tapi sayangnya sikap tegas saya  terkadang terkendala dengan neneknya si kecil yang selalu mengikuti kemauan anak saya. Alhasil anak saya kalau kemauannya tidak dituruti akan menangis berguling-guling dan membanting-banting barang. Kalau sudah begitu, saya akan coba membujuknya untuk berhenti menangis dan memberi pengertian. Biasanya sih dia akan tetap menangis dan marah-marah, sehingga saya putuskan untuk tidak meladeninya. Terkadang karena kecapaian menangis dan tidak diladeni, anak saya sampai ketiduran lho. Intinya sih sebagai orangtua kita harus konsisten. Kalau memang tidak boleh ya tetap tidak boleh meski anak menangis.

Konsisten

Karlina Rahayu-Jambi

karlina

Tenang dan Sabar

Jika anak saya ngambek karena permintaannya tidak dituruti, maka saya akan alihkan perhatiannya agar dia lupa dengan pemicu kemarahannya. Yang pasti saat menghadapi anak yang ngambek, orangtua harus tetap tenang dan sabar. Sebab anak mempelajari segala sesuatu dari apa yang ia lihat dan dengar, sehingga penting bagi kita untuk memberikan contoh sikap tenang dan sabar. Setelah ia tenang, berikan nasehat supaya tidak ngambek terus dan berikan alasan yang masuk logika anak. Terakhir, berikan pelukan kasih sayang. Karena menurut saya, anak yang ngambek itu sebenarnya hanya butuh perhatian dari orangtuanya.

Tenang dan Sabar

Dhany Wisnutomo -Bekasi

dani

Nasi Goreng Cinta

Saya memiliki buah hati berumur 9 dan 3 tahun. Keduanya sangat menyukai sarapan nasi goreng buatan saya sendiri. Adapun bumbunya adalah bawang putih, kemiri, lada dan garam. Semuanya dihaluskan dan digoreng dengan menggunakan mentega. Setelah baunya harum, tambahkan irisan bawang bombay dan kornet sapi, lalu campur dengan nasi putih, saus tomat dan kecap sesuai selera. Terakhir, tambahkan sosis sapi, telur dan daun bawang. Aduk rata dan sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya. Karena begitu menyukainya, kedua anak saya menyebutnya dengan nama nasi goreng cinta.

Nasi Goreng Cinta

Andi Sanova Murniati -Samarinda

dani

Nasi + Sop Ayam

Jenis makanan yang menjadi favorit buah hatiku saat sarapan adalah nasi + sop ayam. Tapi sop ayamnya istimewa ya, maksudnya menggunakan ayam fillet yang dipotong kecil-kecil, wortel yang juga diiris kecil-kecil, macaroni dan daun bawang. Kalau sudah pakai menu ini, dia pasti minta tambah terus.

Nasi + Sop Ayam

Maurice Belentina -Serpong

maurice

Telur, Sosis dan Buah

Anak saya berumur 5 tahun dan 7 tahun. Keduanya paling suka sarapan telur dan sosis. Untuk telur, saya selalu menggunakan yang mengandung Omega 3, dibuat mata sapi dengan mentega dan sedikit taburan garam. Sedangkan sosisnya yang rasa sapi, dipanggang di teflon dengan menggunakan mentega juga. Sebagai pelengkap saya tambahkan potongan buah pepaya, apel atau jus jeruk.

Telur, Sosis dan Buah

Yati -Cikarang

yati

Donat Kentang Cokelat + Susu

Kebetulan aku sangat suka membuat kue. Jadi sudah bisa ditebak, sarapan favorit anak-anakku sudah pasti kue buatanku, terutama donat kentang cokelat yang disajikan bersama segelas susu. Donat buatanku bernutrisi tinggi lho, karena aku memasukkan kentang ke dalam adonannya. Hasilnya donat juga jadi lebih empuk, enak dan disukai oleh seluruh anggota keluarga. Pokoknya satu buah donat tidak akan cukup deh untuk mengawali hari yang penuh kesibukan.

Donat Kentang Cokelat + Susu

Dessy-Tangerang

dessy