pendapat ku

Bagaimana Cara Menyapih

Beri Pengertian & Pujian

Assalamualaikum,  saya ingin ikut berbagi tentang cara menyapih si kecil. Alhamdulillah, saya berhasil mengASIhi si kecil sampai umur 2 tahun 1 minggu. Beberapa hal yang saya lakukan untuk menyapih si kecil adalah :  1. Memberi pengertian pada si kecil secara berulang-ulang dengan selalu mengatakan jika sudah umur 2 tahun, si kecil minum susunya sudah tidak dengan cara nenen lagi.  2. Tidak membohongi atau menakut-nakuti si kecil dengan cara apapun. 3. Stop menawarkan Asi pada si kecil dalam kondisi bagaimanapun 4. Memberitahu kepada si kecil meskipun adek tidak nenen lagi, Mama tetap sayang sama adek (hal tersebut saya katakan sambil memeluknya) 5. Memberinya pujian saat sudah berhasil disapih.

Beri Pengertian & Pujian

Niken-Bekasi

niken bekasi

Weaning With Love

Saya termasuk yang kurang tega saat menyapih si kecil. Saya memakai metode weaning with love, artinya saya tidak memaksa si kecil berhenti langsung, tapi pelan-pelan mengurangi frekuensi menyusui sesuai keinginan si kecil. Sambil terus diberitahu kalau si kecil itu sudah besar. Anak bungsu saya baru berhenti ASI saat usianya hampir 3 tahun! Tapi tidak masalah, dia mandiri dan percaya diri. Dia berhenti menyusu karena dia sendiri sudah siap, jadi tidak merasa kehilangan. (Sebaliknya justru mamanya yang kehilangan nih). Berbeda dengan kakaknya yang disapih saat usianya 23 bulan. Sampai saat ini sering manja dan seperti merasa tidak aman. Jadi kalau berdasar pengalaman saya sih, menyapih itu pelan-pelan saja. Tidak mesti pas 2 tahun harus sudah berhenti ASI.

Weaning With Love

Carline Youki-Cirebon

carline youki

Tidur Terpisah

Kalau saya menyapih anak saya dengan cara tidur terpisah di malam hari. Jadi saat waktunya tidur, si kecil tidak saya beri ASI. Jika dia sudah terlelap, baru saya kembali tidur disampingnya. Tapi tengah malam ketika dia bangun, saya masih memberinya ASI. Hal tersebut saya lakukan sembari terus memberi pengertian bahwa dia sudah besar dan banyak teman-temannya juga sudah tidak nenen lagi. Lama kelamaan anak saya mengerti, bahkan ketika bangun tengah malam dan saya beri susu botol, dia tidak protes.

Tidur Terpisah

Dahlia -Tangerang

dahlia_tangerang

5 Cara Menyapih Si Kecil

Cara saya menyapih si kecil : 1. Selalu berkata jujur kepada si kecil, kalau sudah umur 2 tahun dia tidak boleh nenen lagi karena sudah besar. 2. Minta dukungan dari keluarga dan orang sekitar. 3. Sebelum tidur, pastikan anak sudah benar-benar kenyang. 4.Perbanyak quality time antara ibu dan anak supaya saat disapih dia tidak merasa ditinggalkan.

5 Cara Menyapih Si Kecil

Maya Sanova -Aceh

maya sanova

Komitmen

Kebetulan saya bisa menyapih buah hati saya tanpa drama. Caranya : 2 minggu sebelum anak saya berulang tahun yang ke-2, setiap hari saya katakan hal yang sama kepadanya : “De.., sebentar lagi ulang tahun yang ke-2 lho. Nanti tiup lilin ya. Kalau sudah tiup lilin, itu artinya adek sudah besar dan tidak boleh nenen lagi.”

Nah ketika usianya sudah benar-benar masuk 2 tahun, saya tetap memegang komitmen untuk benar-benar berhenti menyusuinya. Alhasil ketika waktunya tidur, si kecil tidak saya susui lagi dan akhirnya dia hanya pegang-pegang nenen saja. Setelah ditepuk-tepuk, anak saya pun bisa tidur tanpa nenen.

Komitmen

Sylvie -Tangerang

silvy tangerang

Hindari Menggendong Dengan Posisi Menyusui

Ada 3 cara yang bisa dilakukan untuk menyapih si kecil. Pertama, komunikasikan dengan anak dan beri pengertian pada mereka bahwa menyusu dari ibu sudah tidak baik lagi dilakukan karena ia sudah semakin besar. Kedua, ubah kebiasaan makan anak sehari-hari. Usahakan untuk memberikan makanan padat bergizi dan mengenyangkan dengan porsi sedikit tapi sering. Hal ini untuk mencegah anak kelaparan dan merengek minta disusui. Terakhir, ubah cara menggendong anak. Hindari posisi menggendong yang biasa kita lakukan ketika memberikan ASI. Sebaiknya, cobalah menggendong dengan posisi saling memeluk satu sama lain, sehingga ingatan anak akan menyusui tidak gampang bangkit.

Hindari Menggendong Dengan Posisi Menyusui

Septemi Wardani -Denpasar

septemi w

Alihkan Perhatian

Ketika Cila, anakku ngambek, biasanya aku peluk atau gendong sebagai respon cepat untuk mencegah dia semakin tantrum. Lalu aku akan memberinya pengertian sambil mengalihkan perhatiannya pada hal lain yang lebih menarik. Misalnya menirukan suara kucing sambil bercerita. Karena dia memang suka sekali dengan kucing, maka biasanya perhatiannya langsung teralih dan tangisannya pun langsung berhenti.

Alihkan Perhatian

Deby Rattania -Kudus, Jateng

deby

Tatap Matanya

Jika anak ngambek saat keinginannya tidak terpenuhi, cobalah untuk menatap matanya dan katakan dengan tegas bahwa tidak semua yang dia inginkan bisa dipenuhi saat itu juga. Ada saat yang tepat untuk memenuhi keinginannya, dan berjanjilah jika sudah tiba saatnya, maka orangtua akan memberikan apa yang anak inginkan. Tapi ingat ya, jangan sekedar janji, sebab anak akan selalu ingat dan menagih apa yang sudah dijanjikan oleh orangtuanya. Setelah itu, peluk anak erat-erat dan katakan bahwa kita sayang pada mereka.

Tatap Matanya

Dina Septi Restiana -Jambi

dina

Ajak Diskusi & Jangan Acuhkan Keinginan Anak

Anakku Alma sekarang usianya 4 tahun. Ketika dia ngambek karena permintaannya tidak dituruti, yang pertama aku lakukan adalah mencoba tetap tenang dan tidak tersulut emosi. Selanjutnya aku akan alihkan perhatiannya ke hal lain yang dia sukai. Contoh : Ketika kami sedang berjalan-jalan kemudian dia ngambek minta dibelikan mainan yang menurutku tidak perlu, maka untuk mengalihkan perhatiannya aku akan mengajaknya mencari es krim kesukaannya. Nanti sembari makan es krim baru aku beri pengertian sambil berdiskusi, kenapa mainan itu tidak boleh di beli. Yang penting usahakan untuk tidak membohongi anak, pura-pura lupa apalagi mengacuhkan keinginan anak tadi. Lebih baik ajak diskusi dan beri alasan yang realistis dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak.

Ajak Diskusi & Jangan Acuhkan Keinginan Anak

Etty Satal -Bogor

etty

Diamkan Dulu

Kalau saya menghadapinya dengan mendiamkannya dulu sebentar. Setelah itu si kecil akan saya ajak bicara dan akan saya jelaskan apa alasannya sehingga melarangnya. Alasannya harus yang rasional dan mudah dipahami anak ya. Terkadang saya juga memberikan contoh dari keadaan sekitar.  Alhamdulillah, biasanya anak saya mengerti.  Malah sekarang anak saya suka menasehati temannya lho, kalau ada yang lagi ngambek.

Diamkan Dulu

Fathimah Syahab -Palembang

fat