ferdyy

dr. Ferdy Limawal

SpA

Tindik bayi yang aman

Dear dokter, saya baru saja melahirkan seorang anak perempuan. Sesuai dengan tradisi, saya dan suami berencana untuk menindik kuping buah hati kami. Yang ingin saya tanyakan : di usia berapa tindik kuping sebaiknya dilakukan dan jenis anting apa ya yang aman untuk bayi? Terima kasih dok..

Amanda Salsabila
Jakarta

Tindik telinga pada bayi perempuan biasanya dilakukan beberapa hari setelah ia dilahirkan, tentunya atas permintaan orangtua. Telinga yang ditindik pada usia dini pasti membutuhkan perawatan yang lebih saksama dan orangtua juga harus terus memantau agar telinga bayinya tidak infeksi. Selain itu, semakin muda usia anak, maka semakin sedikit pula kemungkinan munculnya jaringan parut atau keloid pada telinga yang ditindik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin melakukan tindik telinga pada buah hati yang baru lahir. Pertama, tindik telinga bisa dilakukan beberapa hari setelah lahir atau menunggu hingga bayi usianya mencapai 2 bulan. Meski jarang, infeksi bisa terjadi, terutama infeksi kulit.

Kedua, berapapun usia anak, tindik telinga pasti ada risikonya. Tapi, risiko dapat diminimalkan dengan melakukan tindik telinga secara steril, hati-hati, serta melakukan perawatan dan pembersihan luka yang baik. Karena itu, tindik telinga pada bayi dianjurkan dilakukan oleh tenaga kesehatan seperti: dokter, bidan atau perawat dengan menggunakan alat tindik yang steril.

Ketiga, pilih anting yang berbentuk bulat lingkaran polos dan kecil. Tidak dianjurkan untuk memakai anting yang menjuntai pada bayi, karena bayi bisa menarik anting hingga terlepas dan melukai dirinya sendiri, bahkan bisa tertelan.

Keempat, setelah telinga bayi ditindik, jangan melepas anting selama enam minggu atau hingga lukanya kering. Oleskan salep atau larutan antiseptik yang direkomendasikan dokter di sekitar cuping telinga dua kali sehari, dan putar anting setidaknya sekali sehari. Setiap anak selesai mandi, keringkan daerah sekitar tindik agar tidak lembap. Setelah enam minggu, tindikan biasanya akan mengering.

january

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Tindik bayi yang aman

ferdyy

dr. Ferdy Limawal

SpA