dr. Ferdy Limawal

dr. Ferdy Limawal

dokter spesialis anak

DUUUH BUAH HATIKU MENDENGKUR

DOKTER yang baik, saya mohon informasi soal mengorok. Sebagai orangtua, ketika anak saya Dinda, 11 tahun tidur mengorok (terutama ketika pilek), sungguh membuat hati sedih. Sejak usia 5 tahun Dinda sering mengorok ketika tidur, terutama saat pilek.
Apa yang harus kami lakukan dok? Apakah berbahaya mengorok pada anak kecil? Apa penyebabnya? Mohon penjelasan dan jalan keluarnya. Kami sangat mennggu jawabannya, terimakasih dokter.

Ibu Ika
Jakarta

Dear Bu Ika,

Tidur ngorok pada anak merupakan salah satu tanda adanya sumbatan jalan napas pada saat si kecil tidur. Penyebabnya adalah penyempitan maupun perubahan struktur saluran napas bagian atas oleh beberapa hal, yang berakibat timbulnya suara mendengkur/ngorok karena udara melewati saluran nafas yang mengalami penyempitan atau hambatan.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan penyempitan atau perubahan saluran napas tersebut, contohnya antara lain:

1. Penyebab tersering adalah pembesaran tonsil/amandel ataupun kelenjar-kelenjar disekitarnya (adenoid).

2. Kegemukan : pada anak yang obesitas terjadi penyempitan saluran napas akibat timbunan lemak pada jalan napas.

3. Kelainan struktur tulang wajah seperti tulang wajah atau tulang rahang yang kecil, sehingga saluran nafas menjadi kecil/ sempit.

Ada sekitar 5-10 % anak usia 3-10 tahun mendengkur di saat tidur. Sehubungan dengan pertanyaan ibu Ika yaitu apakah hal ini berbahaya, ada beberapa hal yang perlu menjadi pertimbangan , yaitu:

1. Mendengkur akan menyebabkan berkurangnya oksigen secara perlahan dan lama, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan.

2. Anak akan mengalami rasa kantuk / letih di sekolah akibat kualitas tidur yang buruk/tidak lelap, karena kekurangan pasokan oksigen. Prestasi di sekolah bisa menurun karena konsentrasi belajar menurun.

3. Amandel yang besar dapat mengakibatkan kesulitan menelan makanan, sehingga dapat mengganggu pertumbuhan.

Untuk itu perlu mengetahui penyebab tidur mendengkur pada anak. Langkah yang tepat adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis THT, untuk mengetahui penyebab dan solusi yang terbaik untuk ananda tercinta. Semoga masalahnya dapat segera teratasi.

november