dokterrrr

dr. Ferdy Limawal, SPA

Dokter

Diet Bagi Anak Usia 5 Tahun, Apakah Tepat ?

Dokter, saya ibu dari anak berusia 5 tahun. Anak saya memiliki tubuh yang gemuk. Mungkin bagi orang lain anak saya terlihat menggemaskan. Namun saya justru mengkhawatirkan kesehatannya. Apakah anak usia 5 tahun bisa menjalani diet dok? Seperti apa diet yang tepat?

Linda Pesik
Serpong

Sebagai orangtua, kita memang harus sejak dini mengarahkan perilaku konsumsi anak agar kelak tidak under maupun over weight atau bahkan obesitas. Masalahnya, anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan, maka kita tentu tidak boleh sembarangan melaksanakan program  penurunan berat badan. Sebab kadang dapat berdampak negatif terhadap pertumbuhannya. Jadi hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempertahankan berat badannya agar tidak bertambah terlalu cepat. Sehingga seiiring dengan pertambahan tinggi badan, maka anak akan mencapai berat badan yang proporsional.

Prinsip diet yang baik bagi anak gemuk adalah mengurangi asupan lemak dan karbohidrat. Jadi semua makananan atau minuman yang berlemak dan manis sebaiknya dihindari. Ibu bisa mulai memberikan makanan harian yang dimasak tanpa minyak, santan atau mentega. Protein hewani dipilih yang rendah lemak, seperti ayam tanpa kulit, ikan, putih telur, tahu atau tempe. Semuanya sebaiknya tidak digoreng.

Adapun porsi yang diberikan harus sesuai kebutuhan anak pada saat itu, kalori sebaiknya dihitung sehingga tidak kekurangan atau berlebihan. Hindari minuman manis kecuali susu rendah lemak boleh diberikan 2 kali sehari. Biarkan anak bebas makan 1 kali tiap minggunya sesuai dengan yang disukainya. Tetapi pada hari-hari selain itu,  anak harus kembali makan sesuai kebutuhan dengan pola gizi seimbang. Jika anak masih merasa lapar, maka boleh diberikan asupan sayur dan buah lebih banyak, karena sayur atau buah rendah kalori.

Tentu tidak lupa dalam hal ini yang perlu dijadikan pendukung sinergis pola makan adalah aktivitas dan istirahat. Ajak anak berolahraga, atau bermain dengan pola permainan yang melibatkan aspek gerak fisik sehingga makanan dapat terkonversi menjadi energi secara keseluruhan. Untuk kebutuhan terkait lain, dapat berkomunikasi dengan Spesialis Gizi guna mendapatkan format asupan makan yang sesuai. Semoga saran yang disampaikan dapat membantu.

march

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Tindik bayi yang aman

ferdyy

dr. Ferdy Limawal

SpA