dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

Dok, saya adalah penggemar cokelat. Yang ingin saya tanyakan, berbahayakah makan cokelat untuk ibu hamil? Kemudian, adakah dampak positif atau negatif dari cokelat terhadap janin? Terima kasih untuk jawabannya.

Dewi Safitri
Medan

Terima kasih bunda atas pertanyaannya yang menarik. Memang, cokelat saat ini telah menjadi salah satu jenis makanan yang popular di tengah kehidupan masyarakat modern. Perlu saya infokan, mengonsumsi cokelat pada masa kehamilan tidaklah berbahaya. Namun, harus diingat bahwa pada kehamilan, keperluan akan beberapa nutrisi tertentu meningkat karena sangat esensial bagi pertumbuhan dan kelangsungan hidup ibu dan janin khususnya. Sehingga cokelat sebaiknya dikonsumsi secukupnya, tidak berlebihan.

Mengenai dampak positif,, menurut salah satu penelitian di Italia, konsumsi cokelat pada kehamilan trimester 1 dengan jumlah 30 gram “dark chocolate (70%) ” per hari dapat memperbaiki metabolism tubuh, menurunkan risiko anemia, dan mempunyai efek protektif terhadap risiko terjadinya preeklampasia.

Sementara dampak negatifnya,  jika mengonsumsi cokelat berlebihan maka dapat menyebabkan meningkatnya berat badan, karena kadar gula yang berlebihan, sehingga dapat meningkatkan risiko seksiosesarea. Konsumsi cokelat berlebihan juga dapat meningkatkan kadar kolestrol karena kadar lemak jenuh yang terdapat dalam cokelat.
Karena itu dapat disimpulkan, bunda yang sedang mengandung tidak perlu khawatir mengonsumsi cokelat, asal tidak berlebihan.

Karena jika berlebihan tentu akan menimbulkan rasa kenyang sebab efek manis dan susu yang terdapat pada cokelat, sehingga nutrisi lain yang diperlukan tidak terpenuhi.

february

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG