Nutrisi

Semangka, Buah Pelepas Dahaga

Friday, 7 October 2016

Semangka, si buah yang kaya air itu mungkin sudah sering kita konsumsi. Tapi tahukah Anda, jika semangka juga mengandung kalium, vitamin, dan diyakini sangat baik untuk membersihkan ginjal? Lalu, kapan semangka bisa diberikan pada sang  buah hati?

KETIKA hari panas, menikmati buah semangka yang kaya air sungguh nikmat. Rasa manis dengan teksturnya yang lembut terasa menyegarkan, hingga disukai seluruh kategori usia. Buah yang 92%  terdiri dari air itu berasal dari Timur Tengah dan secara berlahan menyebar ke seluruh dunia. Rasa manis buah ini mencapai puncaknya ketika memasuki musim panas atau kemarau.

Semangka untuk Bayi

Banyak orangtua yang bertanya-tanya, kapan saat tepat memberikan semangka pada bayi? Hingga saat ini memang belum ada aturan tegas pada usia berapa semangka bisa diberikan pada bayi. Ada dokter yang mengatakan bisa diberikan sejak bayi Anda mencapai usia 6 bulan, tapi ada juga yang berpendapat sebaiknya diberikan setelah usia satu tahun.

Namun, dalam situs wholesomebabyfood.momtastic.com memberikan beberapa fakta yang bisa menjadi pertimbangan bagi bunda sebelum memberikan semangka pada buah hati. Meski jarang sekali terjadi, semangka tetap bisa memicu reaksi alergi, biasanya dalam bentuk kesemutan dan gatal di sekitar mulut. Bayi yang peka terhadap reaksi ini, biasanya yang memiliki riwayat asma di sejarah keluarga.

Jika Anda sudah memutuskan untuk memberi semangka, belilah yang utuh dan jangan lupa mencuci secara keseluruhan potongan yang akan diberikan. Semangka tumbuh di permukaan tanah dan penelitian menunjukkan seringnya terjadi kontaminasi bakteri.

Nilai Gizi
Nilai gizi yang terkandung di buah semangka bervariasi, tetapi secara umum memiliki kandungan yang baik. Antara lain kaya vitamin A, C, B6, kalium, tinggi serat, folat, dan niacin.

Semangka juga kaya lycopene, sehingga disebut-sebut sebagai sumber lycopene yang direkomendasikan departemen pertanian di Amerika Serikat. Apa sih manfaat lycopene untuk buah hati tercinta? Lycopene diyakini mampu melindungi buah hati dari serangan arthiritis dan kanker usus besar, paru-paru, payudara, prostat, dan kolorektal.

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG

LATEST TOP NEWS