Nutrisi

Mengenal Nutrisi dan Manfaat Labu

Tuesday, 14 February 2017

Mulai dari daging hingga bijinya, ternyata labu sarat manfaat. Bahkan untuk bayi, menu berbahan labu bisa menjadi MPASI terbaik.

Ada banyak aneka buah dan sayuran yang dapat dipilih dan disajikan untuk sang buah hati. Namun, ada satu buah yang tercatat sangat menonjol dari sisi kandungan maupun manfaatnya. Buah tersebut adalah labu. Ya, labu merupakan salah satu buah yang sangat rendah kalori. Terbukti, 100 gram buah labu hanya menyediakan 26 kalori. Selain itu, labu juga tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Sebaliknya, labu kaya akan serat makanan, anti-oksidan, mineral, dan vitamin A. Tak heran, jika labu menjadi salah satu buah yang direkomendasi oleh para ahli medis untuk mengurangi kolestrol maupun menurunkan berat badan.

Istimewanya lagi, tidak saja daging labu yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Akan tetapi, biji labu juga memiliki nutrisi yang sangat baik, antara lain mengandung serat dan asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung.

RESEP PUREE LABU

Bahan :

  • 300 cc air,
  • 100 gram fillet kakap yang dipotong kecil-kecil,
  • 75 gram kacang polong,
  • 100 gram Labu Kuning dipotong dadu
  • 75 gram wortel.

Cara Membuat :

  • Masukan air dalam panci kecil, lalu masukkan potongan dadu Labu Kuning ke dalamnya, kemudian masak hingga matang.
  • Begitu labu terlihat masak, masukkan fillet kakap, masak kembali hingga matang.
  • Berikutnya, masukkan wortel dan kacang polong dan masak kembali hingga semua bahan tersebut melunak.
  • Setelah direbus selama 30 menit, angkat dan blender ketika masakan sudah dalam keadaan dingin. Resep Puree Labu ini dapat disajikan dua porsi untuk anak usia 6 hingga 8 bulan.

Mengingat kandungan gizi labu yang sangat lengkap dan tinggi tersebut, tak heran jika labu selalu disarankan sebagai salah satu menu MPASI untuk sang buah hati. Pasalnya selain bergizi, buah labu juga dipercaya dapat menurunkan suhu tubuh dan membantu meringankan radang tenggorokan maupun panas dalam pada balita.

Asyiknya lagi, selain dalam bentuk bubur untuk MPASI, labu juga bisa diolah menjadi berbagai bentuk cake atau kue basah lainnya, yang notabene disukai anak-anak maupun keluarga. Menariknya, selain sarat akan kandungan nutrisi dan manfaat, rasa labu pun tercatat lezat. Belum lagi harga labu yang terhitung murah dan mudah diperoleh, makin membuat labu menjadi buah favorit untuk santapan keluarga di rumah.

Jenis Labu dan Manfaatnya

Berasal dari keluarga Cucurbitaceae, rupanya labu termasuk dalam tumbuhan yang cepat tumbuh. Bahkan, labu termasuk salah satu tanaman yang paling popular dibudidayakan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Labu juga sangat bervariasi dalam bentuk, ukuran, maupun warna, yakni mencapai 40 jenis.

Meski demikian, umumnya ukuran labu sektiar 4 hingga 6 kg. Namun, berat terbesar labu dapat mencapai 25 kg. Untuk warna, umumnya labu berwarna oranye atau kuning. Sementara itu, beberapa varietas labu ada juga yang berwarna hijau gelap, coklat, dan abu-abu.

Dari 40 jenis labu tersebut, mari kita kenali tiga jenis labu dan manfaatnya. Pertama adalah Labu Parang atau lebih dikenal dengan Labu Kuning. Jenis ini paling sering dibuat untuk penganan balita dan keluarga. Labu Kuning juga kaya akan vitamin dan mineral, meliputi betakaroten, vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan natrium. Kandungan tersebut mampu mencegah serangan jantung, strok, menurunkan demam, migrain, diare, penyakit ginjal, serta membantu menyembuhkan radang.

Kedua adalah Labu Air. Sebagian orang membuat manisan kering dari Labu Air. Namun, Labu Air juga enak dibuat sebagai campuran saus tomat dan masakan, seperti gulai labu atau sayur labu. Labu Air mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin C. Selain itu, Labu Air kaya akan serat, mineral, dan kalsium. Sifatnya yang mendinginkan, membuat Labu Air baik sekali dimakan oleh penderita demam.

Ketiga adalah Labu Mi. Bentuknya mirip dengan Labu Kuning. Akan tetapi, jika dipotong, akan tampak daging buahnya terurai seperti mi. Semakin tua labu, maka tekstur daging buahnya akan semakin padat menyerupai mi. Labu ini sangat enak dibuat aneka puding, kue, atau diolah menjadi sayuran, dipanggang dengan daging, ataupun ditumis.

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Berbahayakah Makan Cokelat Bagi Ibu Hamil?

dr martina _pkr mnjawab

dr. Martina Claudia

SpOG

LATEST TOP NEWS