Nutrisi

Mengenal Manfaat Kangkung Bagi Ibu Hamil dan Balita

Monday, 25 May 2015

Kangkung ternyata tak hanya sekedar sedap saat disantap. Lebih dari itu, kangkung juga kaya manfaat, baik bagi ibu hamil maupun balita.

Siapa tak kenal kangkung? Berkat rasanya yang enak, sayur yang dalam bahasa Inggris disebut dengan water spinach ini sangat popular di seluruh penjuru dunia. Di Indonesia, kangkung biasanya dinikmati dalam bentuk tumisan. Terkadang, ada juga yang hanya merebusnya kemudian dijadikan teman makan sambal alias lalapan atau bagian dari campuran pecel dan gado-gado.
Bagaimanapun cara mengolah dan menyantapnya, kangkung yang dicuci bersih dan dimasak dengan benar ternyata memiliki banyak manfaat. Pasalnya, selain kaya akan serat, kangkung juga mengandung zat besi, kalsium dan aneka vitamin yang dibutuhkan tubuh. Berikut beberapa manfaat kangkung bagi ibu hamil dan balita.

Mengatasi Sembelit
Selama masa kehamilan akan terjadi perubahan hormon dalam tubuh. Hal inilah yang biasanya memicu ibu hamil terserang sembelit. Untuk mengatasinya, konsumsi serat yang cukup. Fakta membuktikan bahwa air rebusan kangkung kaya akan serat sehingga mampu membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil maupun balita.

Pencegah Anemia
Kangkung adalah sayuran yang kaya akan zat besi sehingga mampu mencegah terjadinya anemia atau kekurangan sel darah merah pada ibu hamil maupun balita. Selain itu, kangkung juga mengandung unsur sedatif yang bisa membuat tidur menjadi lebih lelap. Dengan tidur yang lelap, perkembangan janin dalam tubuh ibu hamil serta pertumbuhan otak balita bisa lebih maksimal.

Mencegah Diabetes
Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kangkung dapat mencegah diabetes pada ibu hamil. Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung dapat mengontrol penyerapan kelebihan gula dalam darah.
Menyehatkan Mata
Kangkung mengandung vitamin A dan lutein yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi lutein secara teratur, dipercaya dapat menurunkan risiko anak terkena katarak dimasa dewasanya nanti.

Aneka Resep Kangkung Untuk Balita
Bubur Saring Ayam dan Kangkung (Usia 7-10 bulan)
Bahan :
• 20 gram beras merah
• 800 ml kaldu ayam kampung
• daun kangkung secukupnya
Cara Membuat
• Rebus beras merah dalam air kaldu sampai menjadi bubur
• Masukkan daun kangkung. Setelah matang, angkat dan haluskan dengan blender, kemudian saring.

Nasi Tim Kangkung (Usia 11-15 bulan)
Bahan:
• 20 gram beras
• 400 ml kaldu ayam kampung
• 1 sendok daging ayam kampung giling
• 1 sendok teh wortel, potong kotak-kotak kecil
• daun kangkung iris halus
• ½ siung bawang putih, haluskan
• 1 sendok teh minyak zaitun
• ½ sendok teh kecap
Cara Membuat :
1. Rebus beras merah dalam air kaldu. Setelah air habis, angkat.
2. Campur daging ayam giling, wortel, daun kangkung, bawang putih dan kecap, aduk rata. Letakkan dalam mangkuk tahan panas
3. Taruh beras merah yang telah matang diatas campuran daging dalam mangkuk, kemudian kukus selama kurang lebih 20 menit.
4. Setelah matang, siram dengan minyak zaitun. Dinginkan dan siap dihidangkan.

 

sumber gambar : ayysa.com

Iklan Mom and Bab

event

Blossom Of Spring @Pluit Village

14 Jan 2018 11:55 AM

Kids Winter Festival

13 Dec 2017 11:15 AM

Pakar Menjawab

Tindik bayi yang aman

ferdyy

dr. Ferdy Limawal

SpA

LATEST TOP NEWS