Nutrisi

Manfaat Sayur Berwarna Putih

Thursday, 22 February 2018

Konon, sayur berwarna putih kurang bermanfaat bagi tubuh. Itu sebabnya, sayur berwarna hijau, merah dan oranye lebih disarankan untuk dikonsumsi. Benarkah pendapat tersebut? 

Sayur adalah salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Sebab dalam sayur terkandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk serat yang baik untuk pencernaan. Meski demikian, banyak yang berpendapat bahwa dibandingkan dengan sayuran berwarna hijau, merah atau oranye, sayuran berwarna putih kurang manfaatnya.

Faktanya, sayur berwarna putih umumnya mengandung zat allicin yang mampu mengendalikan dan menurunkan risiko tekanan darah serta kolesterol. Dan sama halnya dengan sayuran berwarna lain, dalam sayur putih juga terkandung vitamin C serta antioksidan yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh. Berikut beberapa jenis sayur putih lengkap dengan manfaatnya :

Sawi Putih
Sawi putih mengandung banyak vitamin C yang sangat bermanfaat menjaga daya tahan tubuh dan mengurangi efek dari radikal bebas. Dengan mengonsumsi 100g sawi putih, maka tubuh telah memenuhi 45% kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin K juga dimiliki oleh sawi putih yang tentunya bermanfaat untuk membuat tulang anak lebih kuat dan sehat serta dapat membantu menunda osteoporosis pada orangtua. Selain itu, sawi juga mengandung vitamin A yang cukup untuk menjaga kesehatan mata.Sayur ini juga dikenal mengandung beragam senyawa antioksidan yang dapat mencegah timbulnya kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat. Antioksidan yang dikandung sawi putih juga membantu mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.

Sayur berwarna putih dengan bagian daun berwarna hijau muda ini dikenal memiliki kalori yang sangat rendah sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang menjalani diet. Tapi bagi yang memiliki sakit maag tidak disarankan untuk mengonsumsi sawi putih karena sayur ini termasuk makanan penghasil gas yang dapat memberatkan kerja lambung.

Kembang Kol
Pada kembang kol terkandung vitamin B kompleks seperti, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B1, vitamin B3, dan juga vitamin K yang sangat penting dalam membantu proses metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Kandungan vitamin C pada kembang kol juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada anak-anak hingga orang dewasa.
Selain kaya akan vitamin, kembang kol juga kaya akan mineral yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya kalium yang memiliki peran penting dalam menangani dan menangkal tekanan darah tinggi serta mencegah penyakit stroke. Sama halnya seperti sawi putih, kembang kol juga dapat mencegah kanker karena mengandung sulforaphane dan juga indol-3karbinol.

Jamur
Jamur mengandung vitamin D yang dapat dijadikan asupan tambahan untuk memenuhi kebutuhan harian. Vitamin D dibutuhkan oleh anak hingga dewasa karena memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Jamur juga kaya akan antioksidan seperti selenium yang melindungi sel tubuh dari kerusakan yang bisa menyebabkan penyakit kronis. Juga, membantu memperkuat sistem imunitas tubuh. Konsumsi jamur saat sedang program menurunkan badan juga dinilai baik. Karena jamur memiliki kalori yang rendah serta tidak mengandung lemak dan kolesterol.

Kentang
Tak hanya mengandung karbohidrat, kentang juga mengandung banyak serat yang tentunya sangat baik untuk pencernaan. Serat pada kentang juga membantu membersihkan kolesterol di pembuluh darah. Sejumlah penelitian pun menyatakan dengan mengonsumsi satu buah kentang dapat memenuhi 8% kebutuhan serat harian. Kentang juga kaya akan vitamin B yang sangat berguna dalam menjaga kesehatan syaraf. Serta kandungan vitamin dan mineral pada kentang memiliki manfaat yang baik untuk kulit.

Bawang Putih
Dikenal sebagai salah satu bumbu masak, sebenarnya bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih memiliki allicin yang berdasarkan studi mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, allicin juga dapat mengurangi penyumbatan pembuluh darah dan lemak dalam tubuh.

Lobak Putih
Lobak putih merupakan sayur yang mengandung vitamin, antioksidan, mineral, elektrolit, dan serat makanan yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan vitamin yang dimiliki lobak berfungsi untuk mengikis radikal bebas yang berbahaya dan mencegah kerusakan sel tubuh. Sayur rendah kalori ini juga mengandung sulforaphane yang berperan dalam mencegah penyakit kanker.

LATEST TOP NEWS